Salin Artikel

Situ Ciburuy di KBB Tercemar Limbah, Air Hitam, Bau Menyengat, Banyak Ikan Mati

Air di danau buatan itu diduga tercemar limbah pabrik sekitar Situ Ciburuy sehingga menimbulkan bau tak sedap dengan kondisi air yang berwarna hitam pekat.

"Kondisi air hitam dengan bau tak sedap seperti ini sudah terhitung sejak 5 hari yang lalu," ungkap Ketua RW 14, Udin saat ditemui dikediamannya, Kamis (14/7/2022).

Setidaknya ada 4 RW yang terdampak merasakan bau tak sedap setiap menjalankan aktivitas mereka. Warga yang terdampak di 4 RW itu yakni RW 7, 8, 13 dan 14 Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat.

"Yang jelas sih ada 4 RW yang merasakan langsung bau tak sedapnya. Rumah saya saja ini yang berada kurang lebih 100 meter dari Situ masih kecium baunya," ujar Udin.

Warga menduga limbah yang mencemari lingkungan ini bukanlah limbah rumah tangga biasa, pasalnya kondisi air dengan warna hitam pekat dan bau tak sedap ini tidak biasa terjadi sebelumnya.

"Kalau ini dari limbah rumah tangga, tidak mungkin sampai separah ini, soalnya kami merasakan betul hidup bertahun-tahun di sini, limbah rumah tangga tidak sampai kaya gini," kata Udin.

Limbah tersebut diduga berasal dari pembuangan pabrik yang berada di sekitar Situ Ciburuy, meski demikian Udin tidak mau berspekulasi lebih jauh lantaran belum dilakukan penelitian.

Akibat pencemaran limbah ini, beberapa biota seperti ikan banyak yang naik ke permukaan dan mati mendadak semenjak 5 hari terakhir.

"Ada Nila yang pada mabuk kemarin. Bahkan ada ikan sapu-sapu yang terkenal kuat juga pada mati mengambang. Cukup banyak juga, ada dua karung mah," papar Udin.

Perairan di Situ Ciburuy ini kerap kali dimanfaatkan oleh warga untuk mengais rezeki. Sejumlah warga memanfaatkan Situ Ciburuy untuk beternak ikan dengan cara membuat kolam-kolam sederhana di tepian situ.

"Saya juga memanfaatkan air di Situ Ciburuy ini untuk ternak lele, sekarang masih di sana, khawatir juga pada mati, rencana mau dipindahin dulu bikin kolam dadakan," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/14/150015378/situ-ciburuy-di-kbb-tercemar-limbah-air-hitam-bau-menyengat-banyak-ikan-mati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke