Salin Artikel

Pemkab Garut Akan Beri Bantuan Rp 1 Juta untuk Setiap Keluarga Korban Banjir

GARUT, Kompas.com - Pemerintah Kabupaten Garut, akan memberikan bantuan uang tunai kepada korban banjir yang rumahnya terendam air untuk membersihkan rumah. Bantuan tersebut, dimaksudkan untuk meringankan beban warga yang terdampak.

"Kan pada kena lumpur ya rumahnya, rumah-rumahnya kan dibersihin. Nah itu dapat biaya dari pemerintah daerah sebesar Rp 1 juta," jelas Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai memimpin rapat koordinasi penanganan bencana banjir di kantor BPBD Garut, Sabtu (16/07/2022).

Menurut Helmi, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah keluarga yang akan mendapat bantuan cash for work yang anggarannya akan diambil dari pos anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT).

"Ini masih belum selesai melakukan penghitungan, kita akan selesaikan sore ini,", jelasnya.

Helmi pun meminta agar kepala desa, ketua RT, dan RW bisa memberikan data yang riil dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena, bantuan ini berbeda dengan bantuan lainnya.

"Termasuk untuk bantuan bagi yang rumahnya rusak berat, hancur, itu beda lagi," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui, program bantuan ini memang sengaja diberikan bagi warga yang rumahnya terendam lumpur karena banjir. Karena saat ini mereka harus bersih-bersih rumah mereka dari lumpur.

"Di Ciwalen itu ada kurang dari 150 rumah yang terendam lumpur," katanya.

Mereka menurut Rudy nantinya akan diberi bantuan uang tunai dari Pemkab Garut untuk membantu proses pembersihan rumahnya.

Karenanya, Rudy meminta agar aparat pemerintah bisa bekerja cepat mengusulkan anggaran dari pos Biaya Tidak Terduga (BTT).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan yang ikut hadir dalam rapat koordinasi penanggulangan banjir di kantor BPBD Garut mengakui, bantuan cash for work atau uang tunai bagi korban, baru ada di Garut dan sebuah terobosan baru yang layak ditiru oleh daerah lain.

Tinggal menurut Dani nantinya Pemkab Garut bisa membuat laooran pertanggungjawaban dari penggunaan dana tersebut.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/16/174134278/pemkab-garut-akan-beri-bantuan-rp-1-juta-untuk-setiap-keluarga-korban-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke