Salin Artikel

Soal Wacana Depok Gabung Jakarta, Ridwan Kamil: Yang Namanya Celetukan Boleh-boleh Saja...

"Yang namanya celetukan mah boleh-boleh saja. Semua ini kan adalah kesepakatan sejarah dan kesepakatan politik. Dulu, Banten bagian Jabar, sekarang tidak. Ya, sesuai sejarahnya saja," ujar Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Namun, kata Emil, proses pemindahan daerah bukan perkara sederhana.

Dia mencontohkan pemekaran daerah Jakarta yang dahulu adalah bagian Jabar, kemudian tahun 1950-an berpisah.

"Jadi, setiap hal tersebut bisa dimaklumi, tapi proses menuju saja kan panjang kali lebar kali tinggi, masih jauh. Yang penting mah jangan dikit-dikit mencari solusi yang terlalu jauh. Selesaikan permasalahan di wilayah masing-masing secara maksimal," tuturnya.

Untuk itu, Emil meminta agar Wali Kota Depok lebih fokus memikirkan daerahnya sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

"Selesaikan persoalan di wilayah supaya rakyat bisa merasakan bahwa solusinya ada di pemimpin daerah masing-masing, tidak mengandalkan daerah lain," jelas Emil. 

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Depok Mohammad Idris kembali menggaungkan wacana Depok bergabung menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta.

Melalui rilis videonya, Idris mengatakan, ide penggabungan kota-kota penyangga DKI Jakarta ini sudah lama adanya.

Bahkan, kata dia, ide tersebut sudah muncul sejak zaman Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

“Sebenarnya ide penggabungan kota-kota penyangga dari Ibu Kota Jakarta ini kan sudah lama, sudah dari zaman Gubernur Sutiyoso. Bahkan dulu mempunyai ide gagasan dulu kalau enggak salah namanya megapolitan,” ujar Idris, Kamis (14/7/2022).

Menurut Idris, mulanya mantan Sutiyoso yang menyebutkan gagasan penggabungan daerah penyangga sebagai efesiensi pembangunan menjadi megapolitan.

Kemudian, kata dia, pakar otonomi daerah Ryaas Rasyid menyebutkan bahwa euforia otonomi daerah jangan sampai merugikan negara.

Berdasarkan hal tersebut, Idris berpikir untuk kembali mengembangkan gagasan terdahulu soal penggabungan daerah penyangga, yakni menjadi Jakarta Raya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/19/190519578/soal-wacana-depok-gabung-jakarta-ridwan-kamil-yang-namanya-celetukan-boleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke