Salin Artikel

Jangan Kaget jika Suhu di Bandung Terasa Lebih Dingin hingga Agustus, Ini Penyebabnya

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Muda Data dan Informasi BMKG, Yan Firdaus Permadi mengatakan, pihaknya mencatat dalam beberapa hari wilayah Bandung mengalami suhu lebih dingin dari biasanya.

"Kita mencatat dalam enam hari Kota Bandung ini suhunya sampai 16 derajat dan  di Lembang sampai 14 derajat," kata Yan dalam kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (20/7/2022).

Yan menjelaskan, suhu udara di wilayah Bandung untuk tahun ini lebih dingin disebabkan kemarau basah yang tengah berlangsung.

Suhu dingin di wilayah Bandung masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan dengan perkiraan di bawah 17 derajat celsius.

"Rata-rata di Kota Bandung bulan Juli ini rata-rata suhunya 17,6 derajat celsius. Bisa lebih rendah di bulan Agustus," tuturnya.

Kemarau basah, lanjut Yan, juga diprediksi oleh BMKG Kota Bandung akan berlangsung hingga akhir tahun 2022.

Apa itu kemarau basah?

Yan menjelaskan, kemarau basah merupakan kondisi musim kemarau yang masih disertai hujan dengan intensitas sedang.

Diprediksi kemarau basah akan terus berlangsung hingga September 2022.

Dengan fenomena kemarau basah yang sedang berlangsung, Yan mengimbau kepada masyarakat yang berada di Kota Bandung untuk menjaga kondisi tubuh.

Sebab, dalam kondisi saat ini, cuaca mudah berubah dari panas ke hujan secara tiba-tiba.

"Warga diimbau selalu menjaga kesehatan karena perubahan cuaca dari cerah ke hujan, peralihan malam yang dingin siangnya panas, stamina tubuh cepat terkuras," ujar dia.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/20/165357878/jangan-kaget-jika-suhu-di-bandung-terasa-lebih-dingin-hingga-agustus-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke