Salin Artikel

Jaga Inflasi, Perikanan Jadi Andalan Ketahanan Pangan Sumedang

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, sektor perikanan akan menjadi andalan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dalam mengatasi krisis global.

Dony mengatakan, potensi perikanan di Kabupaten Sumedang cukup besar dan bisa menjadi salah satu sektor yang dapat menjaga ketahanan pangan di Sumedang.

"Potensi ikan darat di Sumedang cukup tinggi. Kami akan terus mengoptimalkan potensi ini, apalagi Sumedang punya Waduk Jatigede, yang bisa terus kita kembangkan untuk menjaga ketahanan pangan. Kalau pangan terjaga, inflasi juga tentunya akan tetap rendah," ujar Dony kepada Kompas.com di Gedung Negara Sumedang, Kamis (28/7/2022).

Dony menuturkan, Pemkab Sumedang melakukan sejumlah upaya untuk terus mendorong peningkatan produksi ikan. Salah satunya, dengan menebar benih ikan di wilayah Waduk Jatigede.

"Kami dorong Waduk Jatigede menjadi penghasil ikan, melalui dinas teknis kami kontinyu melakukan penebaran benih ikan. Terakhir, empat hari ke belakang kita tebar ratusan ribu benih ikan di Jatigede. Ikannya boleh ditangkap, tapi tidak dengan cara keramba jaring apung (KJA)," tutur Dony.

Selain itu, Pemkab Sumedang juga mendorong nelayan di pesisir Waduk Jatigede untuk mampu mengolah hasil tangkapan ikannya.

"Melalui Balai Latihan Kerja (BLK) kami terus memberikan pelatihan kepada nelayan di pesisir Waduk Jatigede untuk mampu mengolah ikannya, sehingga memiliki add value (nilai lebih). Seperti pelatihan cara mengolah menjadi ikan asin dan cara pengolahan lainnya," tutur Dony.

Dony menyebutkan, pemerintah daerah juga terus berupaya membantu nelayan ikan darat di Sumedang dalam menyiapkan pasarnya.

"Sekarang ini, di rumah makan yang ada di sekitar pesisir Waduk Jatigede juga menu andalannya itu ikan hasil tangkapan nelayan di sana dan pertumbuhannya cukup baik. Kita juga akan terus berupaya untuk menyiapkan pasar-pasar lainnya, untuk hilirisasi di sektor perikanan ini," kata Dony. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/28/111926378/jaga-inflasi-perikanan-jadi-andalan-ketahanan-pangan-sumedang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke