Salin Artikel

Cegah Suporter Tak Bertiket Mendekat, Polisi Buat Pengamanan Berlapis di GBLA

Seperti diketahui, Sabtu (30/7/2022) besok, Persib Bandung bakal berlaga melawan Madura United. Guna mengamankan jalannya pertandingan, ribuan personel kepolisian diturunkan.

"Namun angka pastinya tidak kita berikan, itu terdiri dari beberapa komposisi, dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo saat ditemui di GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/7/2022).

Dijelaskan, pengamanan pertandingan ini bakal dilakukan secara berlapis dengan pola sistem ring.

Nantinya ada beberapa penyekatan dan barikade yang dibentuk polisi untuk meregulasi arus pengunjung atau penonton yang datang ke stadion.

"Untuk menyeleksi juga pengunjung yang memang mempunyai tiket yang bisa masuk ke dalam," kata Ibrahim.

Ada tiga ring yang rencana bakal diterapkan polisi.

Setiap ring akan menyeleksi pengunjung yang tidak memiliki tiket untuk mendekati stadion, mereka nantinya akan di arahkan untuk tidak tinggal di lokasi stadion, sedang yang memiliki tiket dapat memasuki stadion setelah adanya pemeriksaan barcode tiket.

"itu untuk menyeleksi orang-orang yang masuk ke dalam, sehingga memang dibatasi, di situ akan diregulasi masalah penonton yang sudah punya tiket, masuk ke dalam, mulai dari ring 3, ring 2, ring 1, itu seleksi suporter yang datang hanya yang membawa tiket," terang Ibrahim.

Penyekatan ini akan dilakukan di jalan menuju stadion hingga ujung stadion.

Hal ini dilakukan bukan hanya untuk menghalau pengujung tanpa tiket, tapi juga mengatisipasi adanya kerumunan di sekitar stadion.

"Jadi yang tidak punya akan disuruh balik kanan, tidak berada di tempat," ucapnya.


Selain itu, polisi juga melakukan sterilisasi wilayah untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan ketertiban masyarakat.

Nantinya penggeledahan akan dilakukan petugas terhadap penonton yang masuk ke dalam stadion, pasalnya sejumlah barang berbahaya seperti senjata tajam, miras hingga flare dilarang dibawa masuk kedalam stadion.

Mengantisipasi itu, razia hingga patroli pun dilakukan petugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar lokasi.

"Sterilisasi ini diharapkan tidak ada potensi permasalahan kamtibmas yang timbul, seperti membawa flare, bawa sajam, bawa miras, itu sangat tidak dibolehkan di tempat," ucapnya.

Ibrahim juga menegaskan bahwa tiket pertandingan dijual secara online.

Karenanya, jika pihak kepolisian menemukan adanya praktik calo atau penjualan tiket dilapangan, petugas akan langsung melakukan penindakan terhadap para calo.

"Sama sekali tidak ada offline, tidak ada penjualan tiket di lapangan. Apabila ada yang menjual tiket di lapangan kita akan lakukan tindakan terhadap mereka yang menjual dan membeli tiket di tempat," tegas Ibrahim.

https://bandung.kompas.com/read/2022/07/29/192621878/cegah-suporter-tak-bertiket-mendekat-polisi-buat-pengamanan-berlapis-di-gbla

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke