Salin Artikel

Puluhan Eks Napi Teroris Jabar Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Tasikmalaya

Mereka menunjukkan kembali dan cinta tanah air sesuai pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Direktur Identifikasi dan Sosial (Dir Idensos) Densus 88 Antiteror Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Arif Makhudharto, mengaku kegiatan ini merupakan murni keinginan para mantan Napiter tersebut dalam memeriahkan hari kemerdekaan.

"Pengibaran bendera merah putih tersebut sebagai bentuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Dan perayaan Kemerdekaan ini adalah kenginginan murni dari eks-napiter dan kombatan untuk menjadi peserta upacara juga petugas upacaranya," jelas Arif kepada wartawan di lokasi acara, Jumat (19/8/2022).

Arif kemudian mengakomodasi usulan para mantan napiter tersebut bekerja sama dengan pemerintahan setempat serta pemerintah daerah di Priangan Timur.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk pendampingan juga pembinaan pihaknya kepada para mantan Napiter yang secara sadar mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tentunya ini bentuk internalisasi nilai-nilai Pancasila dan bentuk resosialisasi mereka bisa bersama-sama berkumpul dengan berbagai macam masyarakat dari semua lapisan," kata dia.

Salah satu mantan Napiter, Gilang mengatakan, upacara kemerdekaan ini memberikan makna tersendiri baginya.


"Pemahaman kami sekarang sudah kembali ke NKRI. Dulu kami sempat jatuh kepada pemahamanan radikal. Bahkan dulu kami sempat menganggap upacara ini adalah sebuah ritual yang syirik," ujar dia.

Gilang mengaku setelah mendapatkan pemahaman dan bimbingan selama ini, baru mengetahui kalau kegiatan ini merupakan penghormatan simbol bangsa dan negara serta bendera merah putih.

Juga, dalam upaya penghormatan kepada para pejuang pendahulu untuk memerdekakan Negara Indonesia dari genggaman para penajajah.

"Ini sebagai bukti cinta kami kepada merah putih. Jadi ini inisiatif eks napiter. Kami membuktikan bahwa kami telah berubah. Sekarang kami paham dan ini bentuk cinta kita terhadap negeri Indonesia," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/19/140800378/puluhan-eks-napi-teroris-jabar-gelar-upacara-hut-kemerdekaan-ri-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke