Salin Artikel

Harga Telur di Tasikmalaya Rp 31.000 Per Kg, Warga Buru Telur Pecah supaya Beli Murah

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Warga Tasikmalaya, Jawa Barat, memburu telur pecah di beberapa pasar agar bisa membeli telur dengan harga murah, yakni Rp 20.000 per kilogram.

Sebab, harga telur ayam di seluruh pasar wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dijual mahal, di kisaran Rp 31.000 per kilogram.

"Masyarakat sekarang banyak yang mencari telur pecah dan rusak supaya bisa dibeli lebih murah. Kami telur yang pecah yang dikumpulkan bisa dijual Rp 20.000 per kilogram. Soalnya harga normal masih mahal di kisaran Rp 31.000 per kilogramnya," jelas Dudung (55), salah seorang pedagang telur di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Selasa (23/8/2022).

Dudung menambahkan, hampir setiap pagi pelanggannya selalu menunggu saat pembongkaran telur dari kotak kayu untuk dipajang.

Ketika telur ayam dipajang di toko, pasti akan ada telur yang pecah. Kata Dudung, pembeli berebut mengumpulkan telur pecah tersebut ke dalam kantong plastik sampai jumlahnya kiloan.

Biasanya, para pelanggan akan menggunakan telur pecah itu untuk diolah menjadi makanan atau jajanan yang sudah matang dan dijual kembali. Hal ini menguntungkan bagi para penjual makanan, mengingat harga telur pecah hampir setengah dari telur yang masih bagus kondisinya.

"Biasanya para pembeli telur seperti itu yang sudah langganan dan biasanya mereka adalah pedagang makanan dan gorengan atau kue-kue," kata dia.

Hal yang sama diutarakan Dinda (38), pedagang telur lainnya yang mengaku banyak pembeli belanja telur satuan.

Harga telur satuan di pasar Cikurubuk bisa sampai Rp 2.000 per butirnya.

Sehingga, harga kiloan telur yang mahal bisa disesuaikan oleh pembeli sesuai kebutuhannya selama ini.

"Iya ada yang mencari telur pecah, ada juga yang belinya satuan. Harga satu butir telur Rp 2.000. Jadi mereka tak terlalu banyak mengeluarkan modal untuk membeli telur yang terus mahal," kata dia.

Sementara itu, Komara Nisa (46) mengaku membeli telur hampir setiap hari untuk kebutuhan warung makanannya.

Dengan kenaikan harga telur yang dirasa semakin memberatkan, dia terpaksa menaikkan harga jual atau memperkecil ukuran makanan matang.

"Wajib, Pak, setiap hari beli telur buat dimasak. Sangat berat harga telur terus naik sekarang jadi Rp 31.000 per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya dibeli dengan Rp 27.000 per kilogramnya atau kurang," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/23/131058478/harga-telur-di-tasikmalaya-rp-31000-per-kg-warga-buru-telur-pecah-supaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke