Salin Artikel

Ruang Kelas Rusak, Siswa SDN Mekarmulya III Karawang Belajar di Lantai

Di media sosial, video curhatan wali murid soal kondisi SDN Mekarmulya III viral.

Video tersebut memperlihatkan para siswa yang sedang belajar di lantai keramik, tanpa meja dan kursi.

Pantauan Kompas.com di SDN Mekarmulya III, beberapa ruang kelas nampak rawan ambruk. Selain itu, meja dan kursi di sekolah juga tampak rusak tak laik pakai.

Kepala SDN Mekarmulya III Jayadi mengatakan, dari tujuh ruang kelas yang ada, hanya empat yang layak. Tiga lainnya rusak berat.

Lantaran khawatir ruang kelas ambruk, proses belajar mengajar dilakukan di ruang kelas yang layak dengan menggabung beberapa kelas menjadi satu.

Selain itu, karena jumlah meja dan kursi tak mencukupi, akhirnya para siswa belajar di lantai.

"Kelas 1 digabung dengan kelas 2, kelas 3 dengan kelas 4 dan 5," kata Jayadi di SDN Mekarmulya III, Selasa (23/8/2022).

Jayadi mengatakan, pihaknya telah memohon renovasi ruang kelas pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang. Permohonan itu dilayangkan sejak 2018 lalu. Hanya saja, hingga kini ruang kelas yang rusak belum juga dibangun.

"Kami sudah ajukan, memang ada survei lapangan dari dinas tahun 2021 kemarin. Saya kira akan langsung ditangani tahun ini, ternyata tidak," kata dia.

Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi mengaku segera menganggarkan perbaikan SDN Mekarmulya III di APBD Perubahan 2022.

"Segera dianggarkan," kata Asep saat dikonfirmasi.

Data dari Disdikpora Karawang, terdapat 468 ruang kelas SD dan 163 bangunan SMP yang rusak. Kerusakannya variatif, dari mulai ringan, sedang, hingga berat.

"Kita mengakui masih banyak bangunan ruang kelas sekolah yang sudah cukup tua yang perlu direnovasi agar bangunan tidak membahayakan siswa," ungkap Asep.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/24/064743178/ruang-kelas-rusak-siswa-sdn-mekarmulya-iii-karawang-belajar-di-lantai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke