Salin Artikel

Disperdagin Kabupaten Bandung Terima Intruksi Pusat Soal Pengembangan Sorgum

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Bandung memiliki Kampung Sorgum di Jalan Bojongkoneng No 2, Desa Bojongmanggu, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang sudah memproduksi ratusan ton sorgum.

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri.

Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengatakan, telah menerima intruksi dari pemerintah pusat terkait tanaman sorgum yang bisa menjadi alternatif beras atau bahan baku lainnya.

"Jadi memang saat ini kita tengah mengupayakan produksi sorgum itu ditingkat lokal, pemerintah daerah," katanya melalui pesan singkat, kepada Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Menurutnya, sorgum di Kabupaten Bandung telah dikembangkan oleh beberapa perusahaan.

Namun, kata dia, pihaknya belum menerima data keseluruhan terkait produk-produk olahan sari sorgum.

"Yang pasti kita sudah banyak produk-produk seperti itu. Yang jelas kita mendukung jika ada masyarakat yang mengembangkan sorgum itu," ungkapnya.

Pihaknya, menegaskan bukan hanya soal sorgum saja, tetapi untuk semua industri dan komoditas yang ada di Kabupaten Bandung dijamin ketersediaannya.

"Intinya kalau kami disperdagin, itu kan menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat terkendali ya. Jadi memastikan ketersediaan pangan itu cukup dan harga terkendali," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/31/173341978/disperdagin-kabupaten-bandung-terima-intruksi-pusat-soal-pengembangan-sorgum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke