Salin Artikel

Ridwan Kamil Minta Pertamina Awasi Penerima BBM Subsidi Tepat Sasaran

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) tepat sasaran. Hal itu ia katakan menyikapi kenaikan harga BBM.

Ia mengamati, selama ini penerima subsidi relatif tak tersaring di SPBU. Karena itu, ia minta agar penerima subsidi sesuai dengan kondisi lapangan.

"Selama ini kalau kita ke SPBU ya begitu saja yang penting dibeliin. Kan tidak ada screening. Jadi menurut saya, tolong ada upaya untuk memastikan argumentasi subsidi tepat sasaran ini bisa sesuai dengan kenyataan di lapangan," kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (6/8/2022).

Emil mengaku cukup memahami sikap pemerintah yang menaikan harga BBM. Salah satu penyebabnya, karena anggaran subsidi dari BBM sudah mencapai Rp 500 triliun.

"Oleh karena itu tentunya kita sikapi semua ini dengan sebijak bijaknya. Kita memahami alasan pemerintah pusat karena subsidinya sudah di atas Rp 500 triliun hanya untuk membayar I subsidi BBM," ungkapnya.

Karena itu, Emil meminta agar Pertamina bisa lebih selektif untuk menentukan penerima subsidi BBM.

"Sehingga memang saya titip kalau betul selama ini terjadi salah sasaran untuk BBM subsidi mohon Pertamina khususnya bisa punya cara bahwa yang membeli subsidi BBM subsidi itu betul-betul yang diperuntukan," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/05/143014478/ridwan-kamil-minta-pertamina-awasi-penerima-bbm-subsidi-tepat-sasaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke