Salin Artikel

Bom Mortir Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan di Cirebon

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah bom militer berupa mortir ditemukan di wilayah Cirebon. Mortir peninggalan Perang Dunia II itu berhasil diamankan Teknisi Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brigade Mobile (Satbrimob) Polda Jabar.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo menjelaskan bahwa bom mortir ini ditemukan pada Minggu (4/9/2022).

Awalnya, petugas dari satuan Jibom mendapatkan laporan masyarakat terkait temuan benda yang diduga bom di daerah Cirebon.

Menanggapi laporan itu, satu unit penjinak bom di bawah kendali Ipda Sindi Saeful Rizal langsung diberangkatkan ke lokasi yang dilaporkan.

Setelah dilakukan pengecekan, petugas menemukan benda menyerupai bom.

Tim langsung mengevakuasi bom tersebut yang diketahui merupakan bom militer jenis mortir diduga peninggalan sisa Perang Dunia II.

"Meski mortir ini usianya sudah sangat tua, tapi tetap saja berbahaya. Kalau ditangani secara asal asalan oleh orang yang tidak tepat. Tidak menutupi kemungkinan mortir ini bisa meledak," ujar Ibrahim dalam pesan singkatnya, Senin (5/9/2022).

Pihaknya berharap masyarakat tak bertindak sembarangan saat melihat benda mencurigakan.

"Sebab itu harus ditangani ahli," kata Ibrahim.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/05/143912778/bom-mortir-peninggalan-perang-dunia-ii-ditemukan-di-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke