Salin Artikel

Bandung Mendung dan Hujan dalam Beberapa Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG

KOMPAS.com - Kota Bandung, Jawa Barat, dilanda mendung dan hujan dengan intensitas rendah hingga sedang dalam beberapa hari terakhir.

Hari ini saja, Jumat (9/9/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan akan mengguyur Bandung sejak siang hingga sore hari.

Menurut pemantauan Kompas.com hingga pukul 11.00 WIB, awan mendung masih menutupi sebagian besar wilayah Kota Bandung.

Penyebab Bandung mendung dan hujan beberapa hari terakhir

Padahal, Prakirawan Cuaca BMKG Kota Bandung, Yan Firdaus Permadhi mengatakan, wilayah Bandung Raya saat ini belum memasuki musim hujan.

"Belum. Wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan pada Oktober dasarian I hingga dasarian III," kata Yan kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Dasarian adalah satuan waktu dalam bidang meteorologi yang berasal dari 'dasa' dan 'harian', yang berarti sepuluh hari.

Dengan begitu, BMKG memprediksi, musim hujan di Bandung Raya baru akan tiba pada awal bulan Oktober hingga akhir Oktober 2022.

Yan menjelaskan, wilayah Bandung Raya saat ini sedang mengalami masa peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan.

Adapun mendung dan hujan yang melanda Bandung dalam beberapa hari terakhir, Yan mengungkapkan, disebabkan oleh beberapa faktor.

"Kejadian kemarin (mendung dan hujan) lebih banyak dipengaruhi oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Selat Karimata sehingga menyababkan cuaca buruk di wilayah Jawa Barat," ujar Yan.

Selain itu, Yan menambahkan, fenomena La Nina turut berperan dalam menimbulkan cuaca ekstrem di wilayah Bandung Raya.

"Selain itu jelas masih ada pengaruh La Nina, seperti hangatnya Suhu Permukaan Laut (SPL) di perairan wilayah Jabar," ucap Yan.

"Selain itu, Dipole Mode sedang berada pada fase negatif, hal ini juga menjadi penyebab cuaca buruk beberapa minggu terakhir," imbuhnya.

Dilansir dari laman maritim.bmkg.go.id, Jumat (9/9/2022), Indian ocean dipole (IOD) yang berpengaruh terhadap pembentukan cuaca saat ini di wilayah Barat Indonesia, adalah perbedaan suhu permukaan laut antara dua wilayah, yakni Samudra Hindia Bagian Barat dan Timur.

Yan pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi pada masa peralihan ini.

"Bagi masyarakat juga diharapkan untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan dan saluran pembuangan air, sehingga risiko banjir dapat diminimalisir," ujarnya.

"Selain itu, bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan, apabila terdapat cuaca buruk, segera menepi dan mencari tempat perlindungan yang aman, seperti di dalam gedung yang kokoh. Hindari berlindung di bawah pohon atau tempat semi terbuka," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/09/113705278/bandung-mendung-dan-hujan-dalam-beberapa-hari-terakhir-ini-penjelasan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke