Salin Artikel

Rute Bus Antar-jemput ASN di Kota Bandung yang Akan Beroperasi Mulai Tahun 2023

KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bandung, Jawa Barat, tak lama lagi akan diantar-jemput menggunakan bus khusus.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung berencana menyediakan bus untuk mengantar dan menjemput para ASN dari dan ke kantornya masing-masing.

Bus yang digunakan untuk mengantar dan menjemput para ASN itu rencananya diambil dari bus antar-jemput siswa sekolah di Kota Bandung yang sudah tidak terpakai.

"Bus-bus sekolah yang kita alihkan menjadi bus ASN itu bakal dimodifikasi, catnya diubah tidak kuning lagi, jadi 'Bus ASN' tulisannya," kata Plt Kabid Angkutan dan Sarana Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (13/9/2022).

Mengacu hasil survei

Rencana pengadaan bus antar-jemput ASN di Kota Bandung itu mengacu pada hasil survei yang telah dilakukan.

Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa 70 persen dari 250 ASN yang mengikuti survei tertarik menggunakan bus antar-jemput jika disediakan.

Asep mengatakan, program ini diharapkan bisa mengurangi volume kendaraan di Kota Bandung.

"Misalnya kalau ada 20 orang (ASN) kan ada 20 motor di jalan, tapi kalau ada angkutan, ASN itu bisa pakai bus, bisa 20-30 orang isinya," ujar Asep.

Asep menjelaskan, program bus antar-jemput ASN itu akan mulai diberlakukan pada tahun 2023.

Saat ini, Asep mengaku, pihaknya masih menunggu arahan dari Wali Kota Bandung untuk proses penganggaran dan persiapan lainnya.

"Tiap trayek baru satu (bus), itu pun masih uji coba. Kalau misalnya peminatnya tinggi ya bakal dievaluasi, ditambah anggarannya, ditambah busnya," jelasnya.

Rute bus antar-jemput ASN Kota Bandung

Saat ini, Asep mengungkapkan, bus antar-jemput ASN rencananya baru akan dioperasikan untuk melayani tiga rute, yakni:

- Cibiru - Jalan Cianjur - Balai Kota Bandung
- Antapani - Jalan Cianjur - Balai Kota Bandung
- Terminal Ledeng - Balai Kota Bandung - Jalan Cianjur

"Kita juga sudah penjajakan ke lokasi keberangkatannya di dekat McDonalds (McD) Cibiru, pihak McD bersedia (tempatnya) digunakan untuk titik jemput ASN," ungkapnya.

Asep menuturkan, bus antar-jemput nantinya akan mengantarkan para ASN ke sejumlah kantor dinas dan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Bandung.

Jika ada pegawai pemerintah yang kantornya di luar rute tersebut, Asep menyampaikan, ASN itu tetap bisa menumpangi bus antar-jemput.

"Kalau ada ASN di luar rute itu yang mau ikut juga boleh, cuma mungkin tidak diantar ke kantornya. Kalau turunnya di Gedebage itu ke kantornya bisa naik ojek atau apa," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/13/174232178/rute-bus-antar-jemput-asn-di-kota-bandung-yang-akan-beroperasi-mulai-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke