Salin Artikel

2 Pemuda Tasikmalaya Siksa Monyet dan Lutung, Ternyata Video Dijual ke Luar Negeri

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya, Jawa Barat, menangkap AY (25) dan I (25), warga Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya yang membuat konten video penyiksaan beberapa ekor monyet ekor panjang dan lutung hutan liar secara sadis. Keduanya sudah ditetapkan tersangka.

Fakta yang ditemukan polisi, keduanya sengaja membuat konten tersebut kemudian videonya dijual ke luar negeri secara perseorangan. Hal ini sudah mereka lakukan empat bulan terakhir.

"Mereka mengaku sudah 12 kali menyiksa sadis monyet yang termasuk satwa dilindungi itu. Mulai menyayat dan memotong bagian tubuh hewan monyet itu secara hidup-hidup dengan menggunakan pisau. Juga menggunting telinga serta melubangi mata monyet menggunakan bor," jelas Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ari Rinaldo kepada wartawan di kantornya, Selasa (13/9/2022).

Setelah melakukan aksi sadisnya, kedua pelaku kemudian mengiklankan video tersebut di sosial media.

"Itu dibikin video, lalu diiklankan di media sosial. Setelah itu, video dijual secara perorangan. Jadi dia tidak memasang konten langsung video rekaman penyiksaan itu di medsos mereka. Tapi mereka mengiklankannya," ungkap Ari.

Ari berkata, kedua tersangka mengaku menjual video dengan harga mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per video.

Dari hasil penjualan video penyiksaan satwa tersebut, keduanya meraup Rp 8 juta setiap bulan.

"Para pembelinya itu ada dari luar negeri. Ini kasusnya masih didalami Kepolisian. Adapun hewan yang mereka dapatkan ada dari beli ke warga dan adapula hasil buruan sendiri di hutan," tambah dia.

Kepala Polres (Kapolres) Tasikmalaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suhardi Hery Heryanto mengatakan, pengungkapan kasus itu berawal dari adanya laporan dari masyarakat kepada aparat kepolisian tentang kegiatan sadis warganya ke hewan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/13/213516378/2-pemuda-tasikmalaya-siksa-monyet-dan-lutung-ternyata-video-dijual-ke-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke