Salin Artikel

BNN Bandung Barat Ringkus Pengedar Sabu di Kawasan Wisata Lembang

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Pelaku pengedaran narkotika jenis sabu di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat diringkus petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (14/9/2022) malam.

Pelaku yang diketahui seorang pria berinisal IS (38) asal Desa Lembang, Bandung Barat ditangkap saat kepergok hendak mengantarkan barang haram itu ke wilayah Lembang.

Kepala BNNK Bandung Barat, AKBP M Julian mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat. Petugas kemudian melakukan pengintaian terhadap terduga pelaku sejak siang hari.

"Pada Rabu, sekitar pukul 15.00 WIB tim BNNK Bandung Barat memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan peredaran gelap narkotika jenis sabu. Informasi awal yang kami terima pelaku lebih dari satu orang dengan barang bukti berjumlah besar," ujar Julian saat gelar perkara di Kantor BNNK Bandung Barat, Kamis (15/9/2022).

Dari hasil operasi itu, pelaku berhasil ditangkap sekitar pukul 19.00 WIB di sekitar kawasan Lembang, Bandung Barat dengan barang bukti berupa narkotika jenis sabu.

Sabu yang berhasil diamankan seberat 100 gram yang sudah dibungkus plastik dan siap edar. Pelaku sudah menyiapkan sabu dengan paket 0,25 gram per bungkusnya.

"Selain sabu, kami juga mengamankan sejumlah barang bukti lain, antara lain dua buah handphone dan salah satunya merupakan jenis hp yang hanya digunakan untuk pengontrolan dan bisa private number," kata Julian.

Julian menjelaskan, sistem peredaran sabu oleh IS masih termasuk dalam sistem klasik yakni dengan sistem tempel barang di suatu tempat.

Sementara ini pelaku mengaku hanya sebagai kurir atas bosna. Namun BNNK Bandung Barat masih akan mendalami jaringan dan asal barang haram itu.

"Pelaku kemudian akan memantau dan mengarahkan pembeli mengambil barang menggunakan handphone jadul agar tidak bisa dideteksi GPSnya," papar Julian.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/15/152623278/bnn-bandung-barat-ringkus-pengedar-sabu-di-kawasan-wisata-lembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke