Salin Artikel

Anaknya Dituding sebagai Bjorka, Nana: Dari Mana Jadi "Hacker", Komputernya Rusak dan HP Seadanya

KOMPAS.com - Pemuda asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berinisial MSF (17) dituduh sebagai hacker Bjorka oleh salah satu akun Instagram.

Tudingan itu membuat MSF syok dan stres. Sang ayah, Nana Supriatna (42), merasakan hal serupa.

Nana mengatakan, dalam keseharian putranya, MSF disibukkan dengan mengedit video maupun foto yang diambil menggunakan ponsel yang dibelinya beberapa bulan lalu.

"Dari mana jadi hacker, komputernya rusak dan hapenya juga seadanya saja," ujarnya, Kamis (15/9/2022), dikutip dari Tribun Jabar.

Nana menuturkan, akibat tuduhan itu, banyak rekan kerjanya yang memperbincangkan video yang menyebut identitas Bjorka adalah MSF.

Ia mengaku tak habis pikir atas tuduhan yang dialamatkan kepada anaknya. Pasalnya, terang Nana, selama ini putranya tak pernah tersandung permasalahan.

Dia pun berharap agar masalah yang menimpa putranya cepat selesai, sehingga dapat fokus belajar menempuh paket C yang dijalani sejak beberapa bulan lalu.

"Kami sebagai orangtua hanya bisa berdoa permasalahan ini segera selesai, kasihan MSF kalau terlalu lama, nanti terganggu belajarnya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, kejadian itu bermula pada Selasa (13/9/2022) pagi.

Tiba-tiba, banyak orang mengirim pesan ke akun Instagram MSF. Mereka menanyakan kebenaran apakah dirinya adalah sosok di balik Bjorka.

Tak hanya itu, kolom komentar MSF juga dipenuhi hujatan dari warganet. MSF bahkan mengaku akun Instagram-nya diretas.

“Di hari itu (Selasa), akun saya sempat di-hack. Tiba-tiba aplikasi keluar, dan berubah namanya menjadi anonim. Saya tidak bisa masuk dan mengakses. Kejadian itu sekitar pukul 14.00 WIB sampai sekitar pukul 17.00 WIB,” tuturnya kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

MSF merasa syok lantaran dituding sebagai Bjorka.

Ia menegaskan bahwa dirinya bukanlah Bjorka.

“Intinya, buat kalian semua yang mengira saya Bjorka, saya bukan Bjorka. Saya tegaskan saya bukan Bjorka,” terangnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kompas TV, Muhamad Syahri Romdhon | Editor: Reni Susanti)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Anaknya Dituduh sebagai Hacker Bjorka, Nana Kaget dan Stres: komputernya rusak dan HP Seadanya

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/16/170000378/anaknya-dituding-sebagai-bjorka-nana--dari-mana-jadi-hacker-komputernya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke