Salin Artikel

Rumah Warga Garut Dirusak Rentenir, Ridwan Kamil Sarankan Warga Pakai Kredit Mesra

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, Pemprov Jabar sudah membuat program kredit tanpa agunan berbasis rumah ibadah bernama Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra). Program ini sengaja dibuat untuk menjauhkan warga dari rentenir.

"Atas peristiwa ini saya prihatin. Kalau kriminalisasi ditangani kepolisian tapi kalau solusi Jabar sudah ada program sebetulnya. Kredit Mesra sama uangnya segitu, hanya beda dia di masjid, tempat ibadah tidak perlu angunan sebagainya. Kalau ini dibangun semoga tidak ada lagi kejadian serupa," ujar Emil di Bandung, Senin (19/9/2022).

Ia berharap, warga menjauhi transaksi dengan rentenir. Emil menyarankan warga untuk mengakses program Kredit Mesra jika membutuhkan pinjaman dana.

"Saya berharap warga jangan lagi ada terjebak ke rentenir. Bjb sudah diperintahkan, ikut Kredit Mesra aja sama tidak ada bunga agunan asal berkumpul berlima itu sudah saya hadirkan dari tahun awal jadi gubernur," katanya.

Diberitakan sebelumnya, rumah Undang (43), warga Garut, dirobohkan rentenir karena utang Rp 1,3 juta. Setelah itu, ia kini diteror orang tak dikenal (OTK) sehingga diungsikan ke tempat aman. 

Seperti diketahui, Undang meminjam utang ke rentenir Rp 1,3 juta. Utang itu berbunga Rp 350.000 per bulan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/19/124855378/rumah-warga-garut-dirusak-rentenir-ridwan-kamil-sarankan-warga-pakai-kredit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke