Salin Artikel

Pemrpov Jabar Siapkan Dana Rp 4,1 Miliar Perbaiki Kerusakan Gedung Merdeka

Seperti diketahui, ikon Kota Bandung itu kondisinya cukup memprihatinkan setelah video atap bocor, plafon ambruk, dan dinding retak viral di media sosial.

"Anggaran konstruksinya Rp 4,1 miliar meliputi perbaikan utama penggantian rangka atap untuk sisi barat, ruang VIP, perbaikan dinding karena udah banyak yang retak, plafon, mushala, toilet, pengecatan, tata udara dan tata lampu," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Pemugaran Gedung Merdeka Ujang A Mukarom saat dihubungi lewat telepon seluler, Kamis (22/9/2022).

Ujang mengatakan, Gedung Merdeka terakhir dipugar tahun 1980 bertepatan dengan peringatan dan peresmian Konferensi Asia Afrika (KAA). Sejak saat itu, kata Ujang, belum pernah ada renovasi besar-besaran.

"Gedung Merdeka terakhir kali dilakukan renovasi besar-besaran yaitu saat menjelang Peringatan 25 Tahun KAA pada Tahun 1980 sekaligus Peresmian Museum Konferensi Asia Afrika Tanggal 24 April 1980," ujar Ujang.

"Khususnya bagian rangka atap kayu, dari awal dibangun belum pernah diganti hanya penguatan saja, kalau dibiarkan khawatir membahayakan atau ambruk," tambahnya.

Renovasi Gedung Merdeka, kata Ujang, telah mendapat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya melalui Surat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Nomor B/TU/4087/Disbudpar/VIII/2022 tanggal 22 Agustus 2022 Perihal Surat Rekomendasi TACB Jl. Asia Afrika No.65.

Ujang mengatakan, selama pengerjaan kemungkinan Gedung Merdeka akan ditutup sementara.

Meskipun ada dua agenda penting yakni pembukaan Hari Museum Nasional dan pertemuan MPR RI dengan mengundang negara OKI sedunia.

"Harusnya ditutup dulu karena sudah ada agenda di awal, Hari Museum Nasional dipindahkan ke Gesat tinggal yang MPR rencana di laksanakan bulan depan kita berkirim surat jadi kita mohonkan untuk dialihkan," tuturnya.

Kepala Museum Konferensi Asia Afrika, Dahlia Kusuma Dewi mengatakan, proses renovasi Gedung Merdeka membutuhkan waktu dan persiapan matang mengingat Gedung Merdeka sebagai cagar budaya.

"Jadi karena ini kan gedung cagar budaya, jadi prosesnya waktu itu agak panjang. Pemprov sudah sejak pertengahan tahun pun sudah siap. Cuman harus izin dulu, karena cagar budaya di sini itu ada tim ahli cagar budaya," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/22/130053378/pemrpov-jabar-siapkan-dana-rp-41-miliar-perbaiki-kerusakan-gedung-merdeka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke