Salin Artikel

Modus Pembunuhan Pria di Makam Karawang Ternyata Ritual Menggandakan Uang

KARAWANG, KOMPAS.com - Polisi mengungkap kasus pembunuhan terhadap U (54), pria yang jasadnya ditemukan di tempat pemakaman umum (TPU) Kutagandok, Kutawaluya, Karawang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, polisi menetapkan tersangka, KS (57).

"Satreskrim Polres Karawang telah mengamankan pelaku pembunuhan yang berada di wilayah kutawaluya, inisial pelaku KS, umur 57 tahun, buruh tani," kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Arief Bastomy di Mapolres Karawang, Jumat (23/9/2022).

KS dibekuk di wilayah Rengasdengklok. Pria yang telah dianggap sebagai guru spiritual U ini berupaya mengalihan pelakunya orang lain dan memanipulasi kejadian.

Motif

"Motifnya karena faktor ekonomi. Ia nekat karena dikejar-kejar utang rentenir," kata Tomy.

U bersama KS hendak berbisnis minyak curah. U pun menggadaikan emas istrinya dan diperoleh uang Rp 10 juta untuk usaha bersama. Namun ternyata uang tersebut kurang.

Kemudian, muncul ide untuk menggandakan uang. U percaya karena diimingi uangnya akan berlipat ganda.

KS mengarahkan U untuk melakukan ritual, dengan mengenakan celana dalam wanita dan mengenakan sarung. Juga meminum obat kuat.

"KS berpesan kepada korban untuk bersiap akan ada yang datang. Karena selang beberapa waktu tidak ada yang datang, korban marah. Pelaku (KS) yang kesal kemudian memukul korban dengan batu nisan," kata Tomy.

Pukulan itu membuat U tewas. KS kemudian mengambil uang Rp 10 juta milik U. Atas perbuatannya, KS dijerat Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 340 KUHP dan 365 KUHP.

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang digegerkan penemuan mayat di tempat pemakaman umum (TPU).

Kapolsek Rengsdengklok Kompol Suherman mengungkapkan, penemuan jasad di TPU Kutagandok itu terjadi pada Jumat (9/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Korban berinisial U (52), laki-laki warga Blok Kraton Desa Rengasdengklok Selatan. U diketahui pedagang Pasar Rengasdengklok," kata Suherman saat dihubungi, Sabtu (10/9/2022) lalu.

Saat ditemukan, korban dalam kondisi terlentang, mengenakan sarung. Kemudian terdapat luka di dahi sebelah kiri.

Di dekat jasad U juga ditemukan sandal, celana jeans, dan celana dalam perempuan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/23/140110378/modus-pembunuhan-pria-di-makam-karawang-ternyata-ritual-menggandakan-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke