Salin Artikel

Didemo Petani, Ridwan Kamil Ungkap Banyak Lahan BUMN di Jabar Menganggur

Mereka menuntut Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerbitkan Peraturan Gubernur yang mengatur penggarapan lahan negara oleh petani.

"Harapannya pemprov bisa membuat pergub atau perda tentang kehutanan sosial dan tanah obyek agraria. Karena ini penting, dengan tidak adanya pergub atau perda, maka pemprov tak punya anggaran untuk mendukung petani," kata Ketua AP2SI Jabar Dedi Junaedi.

Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan AP2SI pusat Dedi Kurniawan menilai, hadirnya pergub atau perda bisa mendorong pembiayaan pengelolaan lahan perhutanan sosial.

Menurut Dedi, saat ini luas lahan perhutanan sosial atau obyek tanah agraria yang digarap petani mencapai 796.000 hektar.

"Tanah yang digarap ini tersebar di 25 daerah di Jabar. Hanya 135 yang sudah ada SK," kata Dedi.

Ridwan Kamil pun datang menemui para petani. Ia mendukung tuntutan para petani.

Sebab, kata dia, banyak lahan di Jabar yang tak produktif khususnya milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Saya mendukung aspirasi petani. Intinya sederhana, teorinya banyak tanah tanah di Jabar terpantau tidak termanfaatkan, dan itu sudah saya amati, dikuasai BUMN tidak dimanfaatkan, dikuasai swasta tidak dimanfaatkan," tutur Emil, sapaannya.


Emil pun sedang mencari cara agar lahan negara bisa lebih produktif dikelola petani dengan perjanjian kerja.

Langkah tersebut, sambung Emil, bisa membantu pemerintah swasembada pangan.

"Nah kita berusaha seadil-adilnya untuk memastikan perhutanan dan pertanian sosial ini tanah negara bisa diatur dengan baik, diperluas semakin banyak semakin baik. Jangan sampai ada tanah tanah di Jabar nganggur tidak jadi apa apa. Lebih baik dikasih ke petani perjanjian sehingga terjadi produktivitas pertanian," paparnya.

Emil juga meminta para petani untuk mendorong generasi muda agar mau bertani.

Pemprov Jabar, kata Emil, telah membuat program Petani Milenial untuk meningkatkan minat anak muda untuk bertani.

"Kita ini sekarang swasembada ya kalau urusan beras tapi blm dengan yang lain lain. Juga Petani Milenial kita ada penghargaan salah satu gagasan yang akan membantu penurunan inflasi," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/26/145049378/didemo-petani-ridwan-kamil-ungkap-banyak-lahan-bumn-di-jabar-menganggur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke