Salin Artikel

Jelang Persib Vs Persija, Polisi Akan Terapkan 4 Ring Pengamanan di Luar Stadion GBLA

KOMPAS.com - Jelang laga lanjutan Liga 1 antara Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022), pihak kepolisian akan menerapkan pengamanan ketat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar), Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ibrahim Tompo mengatakan, jajarannya akan memberlakukan empat ring pengamanan.

Dengan pola pengamanan tersebut, polisi nantinya akan melakukan penyekatan ketat dan lebih selektif agar tak ada pendukung Persija, Jakmania, yang datang ke area Stadion GBLA.

"Iya, jadi menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion. Itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat, apalagi ada seleksi untuk (pendukung) Persija agar tidak masuk ke dalam (Stadion GBLA)," kata Ibrahim, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (27/9/2022).

Ibrahim menjelaskan, ring keempat akan berada di jalan-jalan raya menuju Stadion GBLA. Setiap orang yang diduga akan menyaksikan laga Persib vs Persija di Stadion GBLA akan diperiksa, jika tidak memiliki tiket, polisi akan langsung memintanya putar arah.

Dia melanjutkan, ring tiga akan ada di jalan masuk stadion, sedangkan polisi di ring dua akan berjaga di luar atau halaman Stadion GBLA.

Sementara itu, ring satu ditempatkan di pintu masuk stadion untuk memeriksa tiket penonton yang hadir dengan cara scan barcode.

Ibrahim menekankan, bila ditemukan pendukung Persija di kawasan stadion, polisi akan langsung memulangkannya.

"Sehingga kalau terindikasi penonton Persija Jakarta, otomatis akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut-atribut Persija," ujar Ibrahim.

Sebelumnya, Jakmania tidak diizinkan datang ke Stadion GBLA untuk menyaksikan langsung duel klasik antara Persib vs Persija.

"Tidak diizinkan, tidak akan dibiarkan masuk," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo, dilansir dari Antara, Sabtu (24/9/2022).

Keputusan itu disepakati dalam rapat koordinasi antara kepolisian bersama panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Liga 1 2022/2023 dengan pertimbangan keamanan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/27/125239578/jelang-persib-vs-persija-polisi-akan-terapkan-4-ring-pengamanan-di-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke