Salin Artikel

Vaksin Meningitis untuk Jemaah Umrah Masih Tersedia di Bandung

Kepala KKP Bandung Resi Arisandi mengatakan, sebelumnya ketersediaan vaksin meningitis berkurang karena semua daerah membutuhkan.

Kepala KKP Bandung Resi Arisandi mengatakan, stok vaksin meningitis diperkirakan akan stabil pada Oktober.

"Kalau menipis bukan Jabar saja. Mudah-mudahan dalam waktu dekat vaksin itu sudah tersedia baik di KKP maupun klinik swasta, insya Allah di bulan Oktober. Kendalanya karena seluruh Indonesia sedang terbatas vaksinnya jadi dari berbagai macam daerah mencari vaksin," kata Resi di Bandung, Rabu (28/9/2022).

Meski demikian, Resi memastikan stok vaksin meningitis di KKP Bandung masih tersedia meskipun masih terbatas.

Jemaah yang membutuhkan vaksin harus mendaftar secara daring.

"Kita batasi, tadinya bisa 300 mungkin sekarang 150 per hari. Supaya pelayanan jalan terus. Jangan sampai kita pelayanan stop kepada jemaah. Jadi kita online, enggak bisa kalau enggak online. Kalau offline nanti membeludak. Mudah-mudahan Oktober lancar," ucapnya.

Ia menuturkan, kebutuhan vaksin di Jabar sekitar 100 ribu dosis per tahun. Tiap harinya, kata Resi, KKP Bandung melayani sekitar 300 dosis.

"Kira-kira 100.000 dosis per tahun. kira-kira dibagi 10.000 dosis lah sebulan. Stok ada, masih ada 3.000-an dosis untuk sampai akhir Oktober. Oktober sudah aman tersebar di seluruh klinik kesehatan swasta," ucapnya.

Resi menjelaskan, Kementrian Kesehatan telah menyiapkan anggaran untuk memenuhi kebutuhan vaksin meningitis.

"Jadi Kemenkes sudah menyiapkan anggarannya sudah ada, distributor vaksin sudah menyiapkan tinggal izin dari Balai POM keluar langsung. Mudah-mudahan di Oktober sudah lancar," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/09/28/141018578/vaksin-meningitis-untuk-jemaah-umrah-masih-tersedia-di-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke