Salin Artikel

Longsor Menutup Aliran Sungai Cibeber Sukabumi, Berpotensi Memicu Banjir

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tanggul penahan tanah (TPT) Sungai Cibeber di Sukabumi ambles akibat hujan deras dan menutup aliran sungai.

TPT bantaran sungai yang longsor sepanjang 20 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 5 meter. Kejadian ini terjadi pada Rabu (5/10/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug Dodi Firmansyah mengatakan, longsor yang menyumbat aliran sungai dapat mengakibatkan banjir. Terlebih hujan deras masih sering terjadi.

"Tebing longsor dengan tinggi 20 meter, lebar 5 meter dan panjang 10 meter dan material longsoran menyumbat aliran Sungai Cibeber sehingga berpotensi banjir," jelasnya.

Selain menyumbat aliran sungai, longsor juga menutup jalan perkampungan di Kampung Neglasari, Desa Purwasari, Cicurug, Sukabumi.

"Hujan deras yang mengguyur cukup lama mengakibatkan longsor 3 titik, jalan lingkungan ambles dan mengancam 2 rumah," ujar Dodi dalam keterangannya, Kamis (6/10/2022) siang.

Menurutnya, saat ini material longsor yang menyumbat aliran sungai belum dievakuasi, sedangkan jalan ambles masih dapat dilalui.

"Kebutuhan akibat bencana ini diantaranya bronjong, pembangunan TPT, karung, personel untuk evakuasi material longsoran yang menutup aliran sungai. Aliran sungai Cibeber yang tersumbat berpotensi menyebabkan banjir bilamana tidak ditangani segera," kata Dodi.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Longsor di Cicurug Sukabumi Sebabkan Jalan Ambles dan Aliran Sungai Tertutup

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/06/140116278/longsor-menutup-aliran-sungai-cibeber-sukabumi-berpotensi-memicu-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke