Salin Artikel

Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Suporter Sumedang Gelar Aksi Solidaritas

SUMEDANG, KOMPAS.com - Ratusan bobotoh Persib menggelar aksi solidaritas dengan menyalakan lilin, tabur bunga, dan doa bersama di Alun-alun Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/10/2022) malam.

Ketua Viking Distrik Sumedang, Hendri Darmawan mengatakan, aksi solidaritas ini ditujukan untuk mendoakan para korban tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Hendri mengatakan, aksi solidaritas ini diinisiasi oleh Viking Distrik Sumedang dan diikuti kelompok suporter lainnya yaitu Ultras dan Casual.

"Kami pilih malam ini, karena malam Jumat merupakan hari yang baik dan doa terbaik dari kami, baik untuk suporter maupun pihak keamanan yang menjadi korban meninggal tragedi Kanjuruhan, juga korban yang masih dirawat. Doa terbaik dari kami di Sumedang," ujar Hendri kepada sejumlah wartawan, Kamis malam.

Hendri menuturkan, tragedi Kanjuruhan diharapkan tidak kembali terulang dan menjadi peristiwa terakhir yang terjadi di dunia sepakbola.

"Kami berharap, ke depan tidak lagi menemukan adanya hastag-hastag seperti Tidak Ada SepakBola Seharga Nyawa. Ini juga menjadi momen bagi kami para suporter di Indonesia khususnya, untuk lebih dewasa, bisa damai antarsatu suporter dengan suporter lainnya," tutur Hendri.

Hendi menyebutkan, tragedi Kanjuruhan juga harus dijadikan pelajaran bagi seluruh pihak. Mulai dari PSSI, Panpel, pihak keamanan, dan para suporter itu sendiri.

"Ke depan kami memohon juga kepada para orangtua untuk tidak mengajak anaknya yang masih kecil ke stadion. Apalagi, jika pertandingan tersebut terindikasi akan menyajikan tensi yang tinggi," sebut Hendri.

Hendri juga mendorong tim investigasi bekerja untuk mengungkap tragedi Kanjuruhan ini secara terang benderang.

"Kami mendorong agar kasus ini diusut tuntas, jika memang ada pihak yang bertanggungjawab tentunya harus diproses sesuai dengan hukum dan perundangan-undangan yang berlaku," ujar Endri.

Endri berharap, FIFA tidak memberikan sanksi berupa pembekuan terhadap PSSI atas insiden ini.

"Kami berharap FIFA tidak sampai mengeluarkan sanksi berupa pembekuan. Karena, Timnas kita juga tengah dalam performa yang menanjak dan terus menunjukkan tren positif," kata Endri. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/06/223641178/tragedi-kanjuruhan-ratusan-suporter-sumedang-gelar-aksi-solidaritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke