Salin Artikel

Konferensi OKI Digelar di Bandung 24-26 Oktober 2022, Rekayasa Jalan Diberlakukan

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung akan menjadi tempat penyelenggaraan konferensi Internasional Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Acara yang melibatkan sedikitnya 15 delegasi dari berbagai negara itu akan digelar 24-26 Oktober 2022.

Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma'ruf Cahyono mengatakan, ada 50 negara anggota OKI yang diundang. Namun yang dipastikan hadir sekitar 15 negara.

Antara lain, Bahrain, Maroko, Iran, Yaman,  Malaysia, Saudi Arabia, Mesir, Pakistan dan lainnya.

"Ini berkembang terus masih dalam konfirmasi. Jadi, 15 negara nantinya akan bertambah," ujar Ma'ruf di acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022). 

Rencanannya, pertemuan itu akan dibuka Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, serta dihadiri semua menteri terkait.

Termasuk, akan ada utusan dari berbagai duta besar yang akan bertindak jadi peninjau. 

"Isu kemanusian dan gagasan baru akan muncul dalam pertemuan ini," tutur Ma'ruf.

Ia menjelaskan, isu perdamaian dunia akan jadi salah satu bahasan dalam pertemuan tersebut.

"Nah ini yang melatari, kemudian dari Saudi Arabia maupun Maroko menyarankan memberi masukan untuk segera dilakukan langkah-langkah termasuk kajian-kajian agar ada parlemen-parlemen sejenis MPR atau dewan di dunia sehingga nanti bisa dilakukan langkah-langkah yang lebih konkret," paparnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jabar, Dodit Ardian Pancapana menambahkan, Bandung dipilih lantaran punya nilai historis sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Pembukaan nanti di Gedung Asia Afrika. Lalu ke hotel Pullman. Ada historical walk juga nantinya. Jadi tak hanya geografis tapi historis juga dan ada tinjauan ke museum," jelasnya.

Kegiatan tersebut akan berimbas pada arus lalu lintas di Kota Bandung. Berdasarkan informasi dari Instagram TMC Polrestabes Bandung, rekayasa jalan akan berlaku di sejumlah ruas. Salah satunya, penutupan Jalan Asia Afrika pada Selasa 25 Oktober 2022.

Selama acara berlangsung, polisi juga mengimbau masyarakat untuk menghindari ruas Jalan Diponegoro-Majapahit, Jalan Sentot Alibasyah, Jalan Braga, Jalan Alun-Alun Timur, Jalan Tamblong Naripan, dan Jalan Dalem Kaum.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/21/151100578/konferensi-oki-digelar-di-bandung-24-26-oktober-2022-rekayasa-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke