Salin Artikel

Jejak Penusuk Bocah di Cimahi Diketahui, Sepeda Motor Jadi Petunjuk Mengungkap Pelaku

KOMPAS.com - Kasus penusukan bocah SD di Cimahi, Jawa Barat (Jabar), mulai terungkap. Identitas pelaku sudah diketahui.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pelaku diketahui bernama Rizaldi Nugraha Gumilar (22) alias Ical.

Terungkapnya identitas pelaku bermula dari terekamnya pelaku oleh kamera pengawas di sekitar lokasi kejadian, tepatnya di persimpangan Jalan Mukodar Tengah.

Di lokasi kejadian, pelaku terlihat menaiki sepeda motor matik warna merah, mengenakan baju putih, memakai tas selempang, dan membawa senjata tajam di lengan kanan.

"Dilakukan pengecekan identitas kendaraan, dari situ didapatkan petunjuk untuk menentukan pelakunya dan akhirnya mengarah kepada tersangka Rizaldi ini," ujarnya dalam konferensi pers di Markas Kepolisian Resor (Polres) Cimahi, Minggu (23/10/2022).

Dari penelusuran polisi, sepeda motor bernomor polisi D 5857 UAE tersebut ternyata bukan milik pelaku, melainkan temannya. Pelaku meminjam sepeda motor itu untuk menjalankan aksinya.

"Dari pemilik kendaraan dilakukan pengembangan untuk bisa memberikan keterangan terkait dengan siapa yang menggunakan pada waktu kejadian. Sesuai keterangan, kendaraan ini dipinjam oleh pelaku," ucapnya.

Selain sepeda motor, pelaku juga meminjam sepatu dan sandal milik temannya.

"Untuk barbuk sepatu dan sendal ini, kita dapatkan dari salah satu saksi yang menyampaikan bahwa itu merupakan sepatu dan sendal yang dipinjam oleh tersangka. Sehingga pada saat diambil keterangan sekalian kita sita dari saksi," ungkap Ibrahim.

Ibrahim menuturkan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara oleh tim gabungan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cimahi dengan Polda Jabar, kasus penusukan bocah SD berinisial PS (12) ini diduga telah direncanakan pelaku.

"Tersangka diduga melakukan pembunuhan berencana atau pembunuhan disertai dengan delik pencurian dan kekerasan," tuturnya.

Meski demikian, Ibrahim menerangkan bahwa polisi belum dapat memastikan motif pelaku menusuk korban.

Setelah kurang lebih empat hari diburu polisi, penusuk bocah di Cimahi akhirnya ditangkap pada Minggu sore.

"Iya, tadi sore (penangkapan pelaku)," jelas Ibrahim, Minggu, dikutip dari Tribun Jabar.

Saat ini tim masih memeriksa pelaku untuk dilakukan pengembangan.

"Pelaku diamankan oleh tim gabungan di wilayah Sukasari, namun (anggota polisi) masih di lapangan untuk pengembangan beberapa alat bukti. Mohon bersabar, ya," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus penusukan bocah di Cimahi ini menjadi sorotan. Korban, PS (12), meninggal usai ditusuk oleh pelaku pada Rabu (19/10/2022) malam.

Insiden itu terjadi di dekat rumah korban, Jalan Mukodar Tengah II RT 06 RW 07, Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 18.30 WIB. Waktu itu, korban sedang dalam perjalanan ke rumah usai mengaji di Lembaga Pendidikan Agama Islam (LPAI) At-Taqwa.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bandung Barat dan Cimahi, Bagus Aji Panuntun | Editor: Pythag Kurniati), TribunJabar.id

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/24/073700478/jejak-penusuk-bocah-di-cimahi-diketahui-sepeda-motor-jadi-petunjuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke