Salin Artikel

Bayi Baru Lahir Ditemukan di Kandang Sapi Bandung Barat, Dibungkus Karung Putih

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Warga Kampung Jambudipa RT 04 RW 02 Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat digegerkan dengan penemuan seorang bayi perempuan.

Bayi tersebut ditemukan dalam keadaan hidup terbungkus sebuah karung, tepat di samping kandang sapi milik warga setempat.

Dadang (45), pemilik kandang sapi mengatakan, penemuan bayi perempuan tersebut berawal dari kegaduhan sapi di kandang miliknya pada Minggu (23/10/2022) malam.

Khawatir ada hal yang mencurigakan, Dadang kemudian menghampiri kandang sapi dengan maksud mengecek apa yang sedang terjadi.

"Sekitaran jam 22.30 ternak sapi milik saya terdengar gaduh. Kemudian saya menghampiri ternak ternyata ada tangisan bayi. Setelah di cek ke lokasi memang benar ada bayi yang terbungkus karung dan terlihat bagian kakinya saat itu," ungkap Dadang saat ditemui, Senin (24/10/2022).

Saat ditemukan, bayi itu dalam keadaan telanjang dengan sehelai kain dan dibungkus sebuah karung beras berwarna putih.

Karung berisi bayi itu bersandar di sebuah pagar kandang sapi di tumpukan karung lainnya.

"Saya langsung melihat ke sumber suara tangisan bayi tersebut, pas dilihat kelihatan kaki bayi. Tapi saya gak berani buka," ujar Dadang.

Dadang menemukan ari-ari bayi itu juga tampak masih menempel di tubuh bayi, dari warna kulitnya yang pudar bayi tersebut tampak kedinginan saat itu.

"Ari-arinya masih ada saat itu saya langsung lapor ke pak RT dan langsung dibawa ke bidan dan dilakukan penanganan medis," kata Dadang.

Ketua RT setempat, Hendi Sobandar menyampaikan, beruntung setelah ditemukan langsung ditangani oleh bidan sehingga kondisi bayi tersebut dalam keadaan sehat hingga saat ini.

"Malam itu juga langsung dibawa ke bidan dan dilakukan penanganan. Alhamdulillah kondisinya sehat. Cuma ada lecet sedikit di bagian paha, mungkin ke gesek-gesek karung atau gimana," ujar Hendi.

Pelaku pembuangan bayi itu pun masih misterius, setelah ditemukan Hendi langsung melaporkan adanya penemuan bayi itu ke pihak kepolisian.

"Soal itu biar ditangani oleh Polsek Cisarua. Sudah dilaporkan dan ditangani oleh polisi," tutur Hendi.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/24/165711078/bayi-baru-lahir-ditemukan-di-kandang-sapi-bandung-barat-dibungkus-karung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke