Salin Artikel

Elektabilitas Tertinggi sebagai Cawapres, Ridwan Kamil: Bekerja Diapresiasi Elektabilitas

Gubernur Jawa Barat ini paling banyak dipilih sebagai cawapres karena dinilai sebagai pribadi sederhana dan merakyat (34,8 persen).

Ditanya tanggapan hasil jajak pendapat tersebut, Ridwan Kamil mengucapkan alhamdulillah.

"Point saya kan saya bekerja, bekerja diapresiasi oleh elektabilitas. Masalah jadi enggaknya maju itu detik-detik terakhir," katanya saat ditemui di SMA Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Rabu (26/10/2022).

Disinggung soal jadi calon wakil presiden, Ridwan Kamil menyerahkannya kepada takdir.

Baginya yang terpenting adalah bekerja secara maksimal.

"Jadi gubernur jilid dua juga maksimal. Apa pun itu, yang penting hidup bermanfaat," jelasnya.

Menurut Ridwan Kamil, jabatan hanya sementara. Selain itu, dia merasa politik tidak bisa dihitung secara matematika.

"Tidak selalu yang dihitung hari ini sama dengan hasil akhir di takdirnya. Banyak cerita tidak ada survei, tidak ada baliho tiba-tiba Pak Ma'ruf Amin jadi Wapres misalnya," sebut Ridwan.

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden (cawapres) berada di urutan teratas.

Menurut hasil jajak pendapat Litbang Kompas yang dirilis Rabu (26/10/2022), elektabilitas Gubernur Jawa Barat itu mencapai 11,5 persen.

Angka ini melonjak tajam dari survei periode Juni 2022 yang mencatatkan elektabilitas Emil sebesar 5,7 persen. Lalu, pada survei yang dirilis Januari 2022, elektabilitas mantan Wali Kota Bandung tersebut di angka 5,6 persen.


Emil, sapaannya, paling banyak dipilih sebagai cawapres karena dinilai sebagai pribadi sederhana dan merakyat (34,8 persen).

Dia berpengalaman dan berprestasi sebagai pemimpin (22 persen), tegas dan berwibawa (14,9 persen), jujur dan adil (11,3 persen), serta berpendidikan tinggi (5,7 persen).

Menurut survei terbaru, Emil berhasil mengungguli sejumlah tokoh yang digadang-gadang menjadi cawapres seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang elektabilitasnya sebesar 11,5 persen.

Emil juga unggul dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 6,6 persen.

Masih menyangkut survei elektabilitas cawapres, ada dua nama yang muncul yang sebenarnya juga digadang-gadang menjadi calon presiden (capres), yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Elektabilitas Anies sebagai cawapres berada di urutan ketiga dengan besaran 9,3 persen, sementara Ganjar di peringkat keempat dengan tingkat keterpilihan 7,3 persen.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/26/114558678/elektabilitas-tertinggi-sebagai-cawapres-ridwan-kamil-bekerja-diapresiasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke