Salin Artikel

Kreasi Pelajar Tasikmalaya Tampilkan Busana Berbahan Karung Bekas dan Sampah di Galaxii Fest Jabar 2022

Busana mereka dibuat semenarik mungkin dan tak kalah dengan busana hasil desainer terkenal dan tidak tampak bahan aslinya dari daur ulang sampah.

Terlihat busana laiknya seperti gaun makan malam dan sebagiannya lagi terdapat busana dengan hiasan sayap berbahan plastik dan botol-botol bekas minuman instan.

"Ini hasil kreasi seni pembuatan busana murni dari anak-anak (pelajar SMAN 1 Tasikmalaya) yang bahannya dari sampah atau bahan daur ulang. Mulai dari karung goni, plastik dan kertas bekas lainnya," jelas Guru Seni dan Budaya SMAN 1 Tasikmalaya, Yopi Samsul Arifin, kepada Kompas.com di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022).

Yopi menambahkan, busana sebagian besar berbahan utama karung goni bekas dan dibuat oleh para siswanya sesuai dengan model busana kekinian.

Busana pun dipercantik laiknya busana seorang putri dengan memakai sayap berbahan plastik dan kertas bekas.

"Kalau waktu pembuatannya ini sangat singkat dan memang khusus untuk mengikuti even ini. Alhamdulillah tadi menjadi sorotan saat penampilannya," tambah Yopi.

Yopi pun tak mengira hasil kreasi seni busananya mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat acara.

Uu menyebutkan, even bagi pelajar SMA dan SMK serta SLB dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya tersebut menjadi sarana ajang kreatifitas dan seni serta olahraga para pelajar.


"Ini sangat unik, sangat bagus. Acara ini sebagai ajang hiburan, kreatifitas dan unjuk kebolehan seni serta skil olahraga bagi para pelajar setingkat SMA di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Saya harap acara seperti ini akan terus digelar tiap tahunnya," ujar Uu kepada wartawan usai sambutan acara kepada wartawan.

Uu pun berharap acara kreatifitas seni pelajar ini akan mampu meningkatkan prestasi siswa dan mengembangkan minat serta bakatnya.

Para siswa akan memiliki bekal nantinya jika melanjutkan kuliah atau masuk ke dunia pekerjaannnya.

"Justru pelajar yang memiliki keberaian dan unjuk gigi kebolehan yang nantinya akan menjadi bekal hidupnya kelak saat memasuki dunia dewasa dan masa depannya," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/10/28/102834778/kreasi-pelajar-tasikmalaya-tampilkan-busana-berbahan-karung-bekas-dan-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke