Salin Artikel

Ada Perbaikan, Jalan Lorong Jembatan Rel Penghubung Tasikmalaya-Ciamis Ditutup 2 Bulan

Penutupan bisa sampai dua bulan lebih karena ada perbaikan berkala jembatan salah satu peninggalan Kolonial Belanda tersebut.

"Usia jembatan tersebut mencapai 129 tahun. Jembatan ini dibangun pada tahun 1893, makin tua usia bangunan termasuk Jembatan Cirahong ini maka akan makin sering kami melakukan perawatan berkala pada bangunan tersebut," jelas Kuswardojo lewat siaran rilisnya, Kamis (3/11/2022).

Perawatan dilakukan karena kondisi deck bawah yang sebelumnya terbuka bagi lintasan mobil itu apabila dibiarkan akan berpengaruh terhadap ketahanan jembatan.

Semua papan di lorong jembatan itu rencananya akan dibongkar seluruhnya supaya petugas bisa merawat baja jembatan.

"Kita antisipasi risiko korosif pada baja jembatan yang diakibatkan residu baik debu atau air di baja jembatan yang tertutup papan. Makanya jembatan ditutup total sekitar dua bulanan dari sekarang (awal November)," tambah dia.

PT KAI berharap, lanjut Kuswardojo, masyarakat di perbatasan kedua kabupaten di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat itu bisa memahami upaya perbaikan yang sedang dilakukan.

Terutama demi menunjang kepentingan yang lebih besar yang harus dijaga yakni keamanan dan keselamatan perjalanan KA di jalur utama Selatan Jawa Barat.

"Sekitar 2 bulanan bisa saja penutupannya, tapi itu juga tergantung pada kondisi cuaca, karena pekerjaan pasti akan makin lama jika dil okasi hujan terus menerus turun," ujar dia.


Dengan demikian, bagi warga Tasikmalaya yang hendak menuju Ciamis via Manonjaya Tasikmalaya, tak bisa lagi memotong jalur dengan jarak lebih dekat lewat Jembatan Cirahong.

Kendaraan roda dua terpaksa harus memutar lebih jauh ke arah Cidolog, Cimaragas Ciamis lewat jalan Ancol, Manonjaya Kabuoaten Tasikmalaya.

"Sekarang saya harus memutar arah ke Ancol, Bendungan Leuwikeris, perbatasan Cineam Tasikmalaya-Cimaragas Ciamis. Ya, sejak kemarin sudah tak bisa lewat (Jembatan Cirahong)," kata Maman Parman (48), salah seorang pengendara motor di Manonjaya, Tasikmalaya, Kamis siang.

Jembatan Cirahong sendiri terletak di Km 283+745 di antara petak jalan rel Stasiun Ciamis dan Manonjaya dari arah Yogyakarta itu dibangun pada 1893 oleh perusahaan Belanda, Staatspoorwegen (SS).

Sejak pertengahan 2021, merujuk hasil evaluasi uji pembebanan, Jembatan Cirahong diputuskan tertutup untuk dilewati mobil.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/03/121830978/ada-perbaikan-jalan-lorong-jembatan-rel-penghubung-tasikmalaya-ciamis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke