Salin Artikel

Mayat Terborgol di Bawah Jembatan Ciwulan Tasikmalaya, Sempat Dikira Boneka

Mayat pria tanpa sehelai pun pakaian yang dikenakan saat diangkat dari sungai ke Jembatan Penghubung Desa Linggalaksana, Cikatomas dan Desa Sukawangun, Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/11/2022) pagi.

"Pada pergelangan tangan (jenazah) sebelah kiri terdapat borgol terpasang. Lingkaran borgol terpasang dua-duanya di satu tangan sebelah kirinya," jelas Hepi kepada Kompas.com lewat telepon, Minggu malam.

Hepi menambahkan, mulanya penemuan mayat itu ditemukan oleh seorang warga yang hendak biasa memancing, Ahmad Badrudin (34) warga Kampung Sukarame Desa Sukawangun Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Warganya itu menemukan mayat mengambang dengan posisi telungkup dan tersangkut pada sebatang pohon yang melintang di sungai.

"Sesosok mayat tanpa identitas diduga berjenis kelamin laki-laki. Tersangkut pada sebatang pohon yang melintang di sungai nyangkut pada tiang pemecah air. Saksi (Ahmad Badrudin) mulanya sedang melihat-lihat untuk lokasi memancing dari atas jembatan yang tingginya sekitar 30 meter," tambah Hepi.

Kemudian, tambah Hepi, saksi melaporkan temuannya itu ke anggota Polsek Cikatomas dan Kepala Desa Ciwangun.

Mereka pun langsung menuruni jembatan ke Sungai Ciwulan memastikan temuan warganya dan ternyata sesosok mayat pria tanpa identitas tersebut.

"Para saksi termasuk kepala desa Ciwangun, mengecek dengan menuruni jembatan dan menyeberang arus sungai untuk memastikan mayat manusia atau boneka. Setelah dicek ternyata sesosok mayat manusia," ujar dia.


Saat itu para saksi berinisiatif mengangkat jenazah bersama petugas Kepolisian, Babinsa TNI dan petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya karena khawatir terbawa arus sungai kembali.

"Mayat tersebut dimasukan ke kantong mayat dibawa ke atas jembatan untuk menunggu petugas kesehatan dan tim Inafis Polres Tasikmalaya," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya AKP Ari Rinaldo, menyebut telah ditemukan sosok mayat pria tan identitas di Sungai Ciwulan Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu pagi.

Mayat pria tidak dikenal dengan tangan terborgol itu pun langsung dibawa mobil Kepolisian usai berhasil diangkat di kolong jembatan oleh warga.

Posisi kali pertama mayat itu sudah mengambang dan tersangkut di batang pohon di di bawah jembatan Sungai Ciwulan tersebut.

Satreskrim Polres Tasikmalaya masih terus menggali identitas dengan mengumpulkan bukti dan keterangan saksi di lokasi kejadian.

Kini, mayat masih diperiksa oleh tim Inafis Satreskrim Polres Tasikmalaya di RSUD SMC Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

"Betul (temuan mayat) di Karangnunggal (Kabupaten Tasikmalaya). Anggota sudah turun, lokasi di Sungai Ciwulan. Prosesnya akan divisum dulu dicari tahu identitasnya," singkat Ari.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/06/204703278/mayat-terborgol-di-bawah-jembatan-ciwulan-tasikmalaya-sempat-dikira-boneka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke