Salin Artikel

BERITA FOTO: Gedung Bappelitbang Balai Kota Bandung Terbakar

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebakaran melanda Kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, yang berada di Kompleks Balai Kota Bandung, Senin (7/11/2022).

Gedung Bappelitbang masih dalam gedung yang sama dengan Bandung Planning Galery (BPG), tepatnya di Jalan Aceh.

Saat ini, Gedung BPG saat ini merupakan tempat pelayanan sewa tanah pada Badan Keuangan Aset Daerah.

Kebakaran ini membuat kaget pegawai Pemkot Bandung, tak terkecuali Wali Kota Bandung.

Saat kebakaran terjadi, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana sedang melaksanakan Audiensi Dewan Pengupahan Kota Bandung, yang terjadwal pada pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Tengah Balai Kota Bandung.

Awalnya, audiensi berjalan sesuai rencana. Mulai dari laporan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan beberapa sanggahan dari anggota Dewan Pengupahan.

Berjalan sekitar 40 menit, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bandung, Evi Hendarin membisik kepada Wali Kota Bandung, menginformasikan terjadi kebakaran tepat di belakang ruang tengah yang sedang dilakukan kegiatan audiensi itu.

Sontak mengetahui informasi itu, Wali Kota Bandung pun menginforkasikan kepada para peserta audiensi dan menghentikan rapat.

"Saya lagi rapat dengan Dewan Pengupahan Kota. Belum ada hasilnya (rapat)," tutur Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dalam rilisnya.

Yana pun mengucapkan permohonan maaf karena audiensi belum usai dan musibah kebakaran terjadi.

"Saya diinformasikan, langsung bubar karena asapnya sudah mulai masuk," kata Yana usai kebakaran.

Orang pertama di Kota Bandung ini kaget karena melihat api yang begitu besar di kantor pemerintahan yang ia pimpin selama ini.

"Iya kaget liat api besar," katanya.

Yana pun langsung menginstruksikan untuk mengamankan staf yang sedang bekerja.

Untuk memadamkan api, sebanyak 16 armada pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan.

Selain itu, pemadaman gedung yang berada di Jalan Aceh, Bandung tersebut, dibantu lima mobil tangki air berukuran 5.000 liter.

Kebakaran terjadi sejak pukul 10.30 WIB. Tim pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) pun datang dan mulai melakukan pemadaman sejak pukul 10.50 WIB.

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana yang saat itu tengah rapat di Balai Kota Bandung mengungkapkan, banyak dokumen yang diduga terbakar.

"Tapi kita masih ada backup digital," ujar Yayan.

Ia menambahkan, agar tugas-tugas tidak terbengkalai, semua berkas yang terselamatkan dan aktivitas sementara Bappelitbang akan dipindahkan ke Tamansari.

"Di sana kita punya bangunan bekas rumah ketua dewan. Pindah ke sana. Gedung yang terbakar ini akan langsung dibangun kira-kira 4-5 bulan," ucapnya.

Barang-barang dinas yang berat kebanyakan tidak terselamatkan. Saat api muncul lalu terdengar bunyi letupan, semua pegawai langsung keluar.

"Korban tidak ada, hanya dokumen. Apar (alat pemadam api ringan) ada berupa manual yang sudah digunakan di awal," ungkapnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/07/143147878/berita-foto-gedung-bappelitbang-balai-kota-bandung-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke