Salin Artikel

Buat Tulisan "Gangster" Setelah Mencuri SD di Bogor, 4 Pemuda Mengaku Hanya Iseng

Keempat orang berinisial MA (17), MI (16), DH (17), dan KW (20) disangkakan melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

"Pencurian di SDN 04 Cihideung Ilir yang beberapa hari lalu pelakunya meninggalkan coretan-coretan mengaku sebagai Gangster Tom Bogor ini cukup meresahkan warga, dari laporan itu kemudian kami melakukan penyelidikan dan empat orang tersangka berhasil ditangkap," ungkap Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Selasa (8/11/2022).

Kepada penyidik, keempat remaja tersebut mengaku hanya iseng saat melakukan perbuatan pencurian disertai ancaman tulisan gangster itu.

Iman menyebut, keempat tersangka itu adalah remaja putus sekolah semua sehingga tidak ada kaitannya dengan pihak sekolah.

"Hasil keterangan yang kita dapat mereka berbuat coret-coret (gangster tom Bogor) itu hanya sekedar iseng saja. Jadi tidak ada kaitannya dengan gangster," ungkapnya.

Tiga hari setelah kasus pencurian itu, sambung Iman, empat orang pelaku berhasil ditangkap.

Sementara seorang pelaku lainnya berinisial F masih dalam pengejaran. Keempat pencuri tersebut ditangkap di sebuah kontrakan di Desa Cihideung Ilir, Kamis (3/11/2022) pukul 23.30 WIB.

"Jumlah pelaku pencurian saat itu sebenarnya 5 orang. Tapi baru ditangkap 4, yang 1 orang masih dalam pencarian alias DPO," imbuhnya.

Aksi pencurian yang terjadi pada Senin (31/10/2022) dini hari itu membuat dinding bangunan sekolah rusak.

Modus operandi yang dilakukan, kata Iman, mereka masuk ke ruangan guru itu dengan cara merusak pintu belakang dan jendela kemudian mengambil berbagai peralatan elektronik seperti laptop, printer, proyektor.

Bahkan, tabung gas dan dispenser turut dibawa kabur oleh para pelaku.


Iman menyampaikan, keempat orang tersangka yang ditangkap ini baru pertama kali melakukan perbuatan pencurian tersebut.

Hasil pencurian itu, sebagian barang sudah ada yang dijual.

"(Barang curian) mereka mengangkutnya pakai motor, bolak-balik sampai 4 kali. Alasan mencuri untuk keperluan pribadi beli narkoba. Otak pelaku tidak ada karena niat bersama-sama," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Senin (31/10/2022) dini hari.

Barang milik sekolah berupa dua buah printer dan dua buah proyektor dibawa kabur pelaku.

Usai melancarkan aksi kejahatannya, pelaku diduga sengaja meninggalkan pesan di dinding dan lantai sekolah bertulisan "Gangster Tom Bogor".

Kapolsek Ciampea Kompol Beben Susanto mengungkapkan, berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP), pelaku masuk ke dalam ruang guru dengan memanjat tembok sekolah.

Setelah itu, pelaku mencongkel pintu ruangan dan mencabut kabel kamera CCTV yang ada di dalam ruangan.

"Pelaku mencabut kabel CCTV sehingga leluasa melakukan aksinya," kata Beben dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

"Pelaku juga mencorat-coret dinding dan tembok ruangan dengan tulisan itu," tambah dia.

Beben menuturkan, peristiwa tersebut baru diketahui setelah penjaga sekolah melihat salah satu pintu ruang guru sudah terbuka.

Ia mengatakan, polisi mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi kejadian berupa sepasang sandal, dua buah spidol, tinta printer, tipex, termometer gun, dan satu buah potongan besi.

"Kami bersama Reskrim Polres Bogor masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap para pelaku pencurian tersebut," kata Beben.


Kepala SDN 04 Cihideung Ilir Etu Rohaeti mengungkapkan, usai peristiwa itu, pihak sekolah berinisiatif meliburkan kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, para guru juga langsung membersihkan ruangan karena akan digunakan untuk menggelar asesmen nasional berbasis komputer (ANBK).

Etu menyebutkan, selain printer dan proyektor, pelaku juga menggasak tiga unit laptop, dispenser, galon air, hingga tabung gas.

"Kami sudah laporan ke Polsek Ciampea, tapi ada sandal yang diduga milik pelaku ketinggalan di sekolah dan sudah dibawa oleh pihak kepolisian," sebut Etu.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/08/195957178/buat-tulisan-gangster-setelah-mencuri-sd-di-bogor-4-pemuda-mengaku-hanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke