Salin Artikel

Sepanjang Oktober 2022, Kabupaten Bogor Dilanda 59 Bencana, 8 Orang Tewas

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat 59 kejadian bencana alam terjadi sepanjang Oktober 2022.

Dari jumlah tersebut, bencana alam yang paling banyak terjadi adalah tanah longsor sebanyak 18 kali dan angin kencang 13 kali.

Kemudian, Kabupaten Bogor juga dikepung bencana banjir sebanyak tujuh kejadian dan pergeseran tanah sebanyak lima kejadian.

"Sisanya kejadian bencana gempa bumi, kekeringan, kebakaran, dan lain-lain. Jadi rekapitulasi bencana yang telah diverifikasi totalnya 59 kejadian tersebar di 95 desa di 34 kecamatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko saat dikonfirmasi, Kamis (10/11/2022).

Dari rangkaian bencana yang terjadi, pihaknya mencatat dampak kerusakannya. Total rumah yang rusak sebanyak 181. Kerusakannya beragam, mulai dari ringan sampai berat.

Data kerusakan lain, tercatat 63 fasilitas umum (fasum) rusak meliputi tempat ibadah, pendidikan, jalan, jembatan, dan fasum sosial.

Tak hanya itu, kejadian bencana alam tersebut juga mengakibatkan korban terdampak sebanyak 544 KK terdiri dari 1.888 jiwa.

Akibat bencana itu, jumlah korban tewas mencapai 8 orang dan 4 orang luka-luka.

"Dari sebaran kerusakan yang diakibatkan oleh bencana diperkirakan nilai kerugian sebesar Rp 210 juta," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi dampak bencana serupa di tengah curah hujan yang masih tinggi ini, Aris mengimbau seluruh warga dan instansi terkait terus melakukan kesiapsiagaan bencana.

Ia mengingatkan agar tidak menyepelekan sosialisasi dan edukasi waspada bencana kepada warga sampai tingkat kampung.

"Jangan mengurangi 10 kebiasaan kesiapsiagaan bencana seperti menyiapkan tas siaga bencana supaya selalu siap dan siaga saat bencana yang datang tiba-tiba. Kemudian perhatikan konstruksi rumahnya, perbaiki yang sudah mulai lapuk dan rusak agar lebih kuat menahan angin kencang," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/10/133026378/sepanjang-oktober-2022-kabupaten-bogor-dilanda-59-bencana-8-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke