Salin Artikel

Mobil Tangki BBM di Tasikmalaya Hantam Klinik, Oleng Saat Salip Truk

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sebuah tangki berisi bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina Z 9357 TB menabrak sebuah klinik di Jalan RTA Adiningrat, Kampung Pasar Rebo Desa/Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (14/11/2022) pagi.

Bagian depan truk bermuatan 8.000 liter BBM itu hancur dan kaca bagian depan Klinik MMC di wilayah itu rusak parah serta menghebohkan warga sekitar.

Hantaman keras tak terelakan saat truk tangki yang dikemudikan Hilman Antoni (29), oleng usai menyalip truk di depannya dan tak bisa dikendalikan sampai menabrak klinik tersebut.

Kepala Polsek Manonjaya Polresta Tasikmalaya AKP Endang Wijaya, membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kejadian itu terjadi sekitar pukul 05.40 WIB (Senin, 14/11/2022). Truk tangki Pertamina ini awalnya iring-iringan dari arah Kota Tasikmalaya menuju Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya," ujar Endang kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin siang.

"Truk tangki mencoba untuk menyalip dump truk yang ada di depannya tapi karena tak diberi ruang menyalip sampai oleng ke kanan jalan dan menghantam bangunan klinik," tambahnya. 

Endang menjelaskan, truk tangki ini berangkat dari terminal BBM Tasikmalaya yang masih satu lajur jalan dengan lokasi kejadian. Rencananya, BBM tersebut akan disalurkan ke beberapa SPBU di Manonjaya dan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.

Truk tangki BBM mulanya hendak menyalip sebuah truk di depannya, namun tak berhasil dan malah oleng ke sebelah kanan jalan.

"Karena truk di depannya terlalu ke tengah atau tidak memberikan ruang untuk menyalip, akhirnya truk tangki Pertamina mengarah ke kanan dan masuk ke jalur tanah berlumpur bekas galian pipa Pertamina," tambah dia.

Bagian kepala truk tangki BBM Pertamina itu masuk ke ruangan depan klinik dan menghancurkan kaca dan pintu depannya.

Untungnya, saat kejadian tak ada petugas klinik di depan pintu atau belakang kaca. Sehingga kecelakaan ini hanya menyebabkan bangunan rusak, tanpa korban jiwa.

Kini, truk tangki tersebut sudah bisa dibawa setelah petugas Satlantas dan Polsek Manonjaya, Polresta Tasikmalaya menurunkan mobil derek.

"Kita sudah evakuasi sopir dan kernet dan langsung dibawa ke Mako Polsek (Manonjaya) untuk dimintai keterangan. Sementara truk tangki Pertamina sudah dibawa memakai mobil derek untuk diamankan saat proses penyelidikan Kepolisian," pungkasnya. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/14/154709378/mobil-tangki-bbm-di-tasikmalaya-hantam-klinik-oleng-saat-salip-truk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke