Salin Artikel

Checka Ditunjuk Jadi Pj Walkot Tasikmalaya, Geser Rekomendasi Ridwan Kamil

Checka sebelumnya menjabat sebagai Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Direktorat Jendral Otonomi Kementrian Dalam Negeri.

Prosesi pelantikan digelar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (14/11/2022). Checka menggantikan Wali Kota Tasik sebelumnya HM Yusuf yang purnatugas pada 14 November 2022.

Pelantikan Cheka teruang dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Nomor 100.2.1.3-6113 tahun 2002 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Tasikmalaya tertanggal 7 November 2022.

Nama Checka menggeser tiga kandidat yang disodorkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Dedi Taufik, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jabar Iip Hidajat serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan.

Meski Pj Wali Kota Tasikmalaya terpilih bukan yang diusulkan oleh Gubernur, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menilai hal tersebut wajar dan tak melanggar hukum.

Uu meminta hal tersebut tak perlu dipersoalkan dan berharap kehadiran Checka dapat disambut baik masyarakat Tasikmalaya.

"Harapan kami kepada Wali kota baru, bangun komunikasi yang baik. Program-programnya linear dengan visi-misi Jabar lahir batin dan digitalisasi inovasi," katanya.

Selain itu, Uu juga berpesan agar Cheka dapat memaksimalkan kepemimpinan untuk menghadapi pemilu serentak 2024.


Dia percaya Wali Kota Tasikmalaya ini bisa lebih netral lantaran bukan dari partai politik.

"Salah satu tugasnya mempersiapkan pemilu legislatif dan juga pemilihan eksekutif maka saya berharap harus mampu melaksanakan tahapan-tahapan yang sudah disepakati bersama yang diputuskan oleh KPU," kata dia.

Sementara itu, Cheka mengaku bakal segera berkoordinasi dengan seluruh pejabat dinas di Kota Tasikmalaya.

Selain itu, semua pesan dari Wagub Jabar juga akan dilaksanakan sebaik mungkin.

"Saya seorang pejabat, saya akan mendengar apa permasalahan muncul di masyarakat dan pelajari teman OPD dan pejabat terkait," jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/14/173158578/checka-ditunjuk-jadi-pj-walkot-tasikmalaya-geser-rekomendasi-ridwan-kamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke