Salin Artikel

Pelaku Begal Bersenjata Tajam yang Lukai Korban di Bandung Ditangkap

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi kembali meringkus pelaku pencurian dengan kekerasan atau begal bersenjata tajam di Bandung.

Pelaku diketahui berinisial RP ini ditangkap Unit Reserse Kriminal Polsek Cicendo pada Minggu (13/11/2022).

Kapolrestabes Bandung Polda Jabar Kombes Aswin Sipayung menjelaskan, aksi begal terhadap korban HV ini terjadi pada bulan Juli lalu, di Jalan Mahmud Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung. Aksi ini bahkan sempat viral di media sosial.

Peristiwa ini bermula ketika korban dan teman perempuannya tengah berteduh di salah satu minimarket, lalu tiba-tiba dua orang pelaku berboncengan dengan menggunakan kendaraan roda dua mendatangi korban.

Korban yang kaget, sempat terperanjak kaget ketika melihat pelaku membawa senjata tajam berupa golok. Pelaku kemudian melakukan penganiayaan terhadap korban.

Usai melakukan penganiayaan, pelaku kemudian merampas tas korban yang berisi ponsel, lalu kabur dengan meninggalkan korban yang menederita luka di bagian lengannya.

"Korban dirampas tasnya yang berisi ponsel korbannya kemudian dilukai dengan senjata tajam kemudian setelah itu tersangka melarikan diri," ucap Aswin dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Polisi yang mendapatkan laporan itu kemudian melakukan penyelidikan, selang beberapa bulan kemudian, pelaku berhasil diamankan di tempat persembunyiannya di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu pelaku lainnya yang diketahui berinisial Ik masih diburu petugas dan masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Satu tersangka berstatus DPO sedang kami cari," ucap Aswin.

Dari hasil pemeriksaan, kata Aswin, RP mengaku baru satu kali melakukan aksinya, meski begitu polisi masih melakukan pendalaman untuk mengungkap ada atau tidaknya aksi kejahatan pelaku di tempat lain.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 365 KUHPidana dan diancam pidana kurungan hingga 7 tahun.

Aswin menegaskan bahwa tak akan memberikan ruang bagi pelaku kejahatan jalanan di Kota Bandung. Polisi bahkan akan melakukan tindakan tegas terukur bahi pelaku begal yang mencoba melukai dan meresahkan masyarakat.

"Sesuai dengan pernyataan saya tidak ada tempat bagi begal dan perampok kejahatan jalanan di Kota Bandung apabila ada yang melakukan kejahatan jalanan kami akan tumpas sampai ke akarnya," tegas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/18/070756778/pelaku-begal-bersenjata-tajam-yang-lukai-korban-di-bandung-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke