Salin Artikel

Tak Hanya Tipu Ratusan Mahasiswa di Bogor, SAN Disebut Pernah Gadaikan Kontrakan Orang Lain untuk Jaminan Beli Mobil

Total ada 333 orang yang menjadi korban dan 116 di antaranya adalah mahasiswa IPB.

SAN pun telah ditetapkan sebagai tersangka dan ia dijerat Pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

Total kerugian yang disebabkan oleh SAN mencapai Rp 2,3 miliar dari berbagai aplikasi online yang ditawarkan pelaku kepada korban.

Lalu siapakah sosok SAN ini?

Korban mengenal SAN sebagai freelancer jasa pembuatan ATM. Sejak kecil, SAN tinggal di rumah kontrakan di wilayah Tegak Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Namun kini SAN tinggal di wilayah Ciomas, Bogor.

Kamaludin, Ketua RT di kawasan Tegal Kundil membenarkan jika keluarga SAN pernah tinggal di wilayahnya dan mengontrak tepat di depan rumahnya.

Menurut Kamal, keluarga kontrak di wilayah tersebut sejak SAN masih duduk di bangku SD.

"Nah, terakhir dia mengontrak di kontrakan depan rumah saya ini, yang sekarang warung. Ngontrak disini sudah lama sejak dia masih SD, saya juga belum jadi RT," kata dia.

Menurutnya, SAN merupakan tiga bersaudara.

Ia tinggal di rumah kontrakan tersebut bersama ibu, kakak dan adikanya lantaran sang ayah sudah meninggal dunia.

"Dia anak yatim," kata dia.

Menurutnya, kehidupan SAN yang awalnya normal-normal saja tiba-tiba berubah setelah bekerja. Kamal menyebut setela SAN bekerja, ia sering terlihat ribut dengan keluarganya sendiri.

"Dulu masih sekolah, normal kehidupannya ngga neko-neko. Tapi akhir-akhir ini setelah dia kerja banyak masalah. Dia sering berantem sama ibunya sendiri, sama kakaknya juga, jadi memang meresahkan kalau mau disebut begitu, itu karena berisiknya itu," ungkapnya.

Kamal juga mengatakan SAN juga sering terlibat masalah lantaran beberapa kali Kamaludin didatangi oleh orang yang mengaku berurusan dengan SAN.

Salah satunya di akhir tahun 2021, SAN memalsukan surat rumah kontrakannya untuk syarat membeli mobil.

"Terbaru itu, kaget juga saya, karena menurut saya itu kok anak sekecil itu sudah berani memalsukan AJB rumah kontrakan yang dia tempati. Kan saya tahu itu kontrakan siapa, ngga mungkkin dia punya AJB-nya kan. Nah saya lagi pelatihan nih, istri saya telpon, pak ini ada dari leasing. Jadi katanya dia ngga pernah bayar, tapi unit monilnya ngga ada," jelasnya.

"Kejadian itu bulan Oktober. Dia pindah rumah ke Ciomas kan Maret. Akhirnya si leasing itu ngomonglah, kalau SAN itu agunkan rumah kontrakan. Dia akuin itu rumahnya. Saya lihat AJB itu meragukan," imbuhnya.

Kamal juga menjelaskan sejak kasus itu, dan kepindahan SAN ke Ciomas, beberapa mahasiswa yang mengaku dari IPB University mencari keberadaan dari SAN.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Ini Sosok Pelaku yang Tipu Ratusan Mahasiswa IPB, Terakhir Kontrakan Orang Jadi Jaminan Beli Mobil

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/19/063600178/tak-hanya-tipu-ratusan-mahasiswa-di-bogor-san-disebut-pernah-gadaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke