Salin Artikel

6 Perjalanan Kereta Sempat Dihentikan Saat Gempa Cianjur M 5,6

BANDUNG, KOMPAS.com - Gempa magnitudo (M) 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sempat menghentikan sejumlah perjalanan kereta api di Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung.

"Jajaran KAI Daop 2 Bandung, segera menghentikan perjalanan KA dan melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana yang berada di lokasi yang terdampak atau merasakan adanya gempa tersebut," ucap Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo dalam rilisnya, Senin (21/11/2022).

Pihak KAI juga berkoordinasi dengan sejumlah petugas di lapangan baik itu di stasiun maupun di atas KA terkait kondisi gempa yang dirasakan.

Tim KAI Daop 2 Bandung juga melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap semua prasarana dan sarana KA yang ada, terutama yang akan dilalui perjalanan KA. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan KA.

"Setelah dipastikan prasarana dan sarana dalam kondisi aman, maka kemudian perjalanan KA dapat dilanjutkan kembali," ucapnya.

Adapun kereta yang dihentikan perjalanannya sementara waktu yakni: 

-KA Lodaya dihentikan di Stasiun Indihiang (10 menit)

-KA Pasundan dihentikan di Ciamis (8 menit)

-KA Kutojaya Selatan dihentikan di Banjar (5 menit)

-KA Serayu dihentikan di Kiaracondong (12 menit)

-KA Ciremai dihentikan di Purwakarta (25 menit)

-KA Siliwangi dihentikan di Ciranjang (23 menit)

"Sejumlah KA yang tengah beroperasi terpaksa harus kami hentikan terlebih dahulu, untuk memastikan perjalanannya aman," ucap Kuswardoyo.

Dari pemeriksaan, sambung Kuswardoyo, prasarana jalan kereta api semua dalam kondisi aman.

"Namun ditemukan ada sedikit kerusakan dan retakan di bangunan Stasiun Cianjur pasca-gempa tersebut. Tidak ada perjalanan KA yang dibatalkan, semua beroperasi sesuai dengan jadwal yang ada," ucapnya.

Pasca gempa, saat ini seluruh perjalanan KA di Daop 2 Bandung sudah kembali beroperasi seperti biasa.

Diberitakan sebelumnya, BMKG merilis gempa berkekuatan Mag:5.6 yang terjadi pada 21 November 2022 sekitar pukul 13:21 WIB itu berlokasi 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan Kedalaman 10 Km, namun tidak berpotensi tsunami.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/21/180027878/6-perjalanan-kereta-sempat-dihentikan-saat-gempa-cianjur-m-56

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke