Salin Artikel

Pasien Rujukan Gempa Cianjur di RSHS Bertambah Jadi 84 Orang, 1 Pasien Meninggal

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumlah pasien rujukan korban gempa Cianjur di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) hingga Rabu (23/11/2022) siang bertambah 13 pasien menjadi 84 orang.

Sebelumnya, Selasa (21/11/2022), jumlah pasien rujukan yang diterima RSHS sebanyak 71 orang. Dari jumlah itu, satu pasien meninggal dunia. 

"Total data 84 pasien dirawat dan yang masih di IGD 22 pasien, transfer rawat inap 51 pasien, pulang 10 pasien, meninggal satu orang. Sudah operasi 26 pasien, dan rencana dioperasi 10 pasien," ujar Pelaksana Tugas Direktur Utama RSHS Yana Akhmad saat ditemui di RSHS, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu siang.

Yana menuturkan, korban yang meninggal, datang dengan kondisi trauma pada bagian perut dan mengalami pendarahan dan sempat menjalani operasi.

"Kami berusaha, kami lakukan operasi abdomen. Setelah operasi kami rawat di ruang intensif, tapi tidak tertolong karena pendarahan," ucap Yana.

Hingga saat ini, sambung Yana, RSHS mengaktivasi dua unit ambulans untuk menjemput para pasien dari Cianjur.

"Kami juga mengirim tim ortopedi untuk melakukan screening mana yang bisa kami evakuasi ke RSHS atau ke rumah sakit lain," paparnya.

Yana menuturkan, mayoritas pasien mengalami trauma dan patah serta cedera di bagian kepala.

"Kondisi saat ini yang cedera kepala ringan sampai berat ada, yang mengalami fraktur juga ada. Kami lakukan operasi 24 jam," jelasnya. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/23/142737878/pasien-rujukan-gempa-cianjur-di-rshs-bertambah-jadi-84-orang-1-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke