Salin Artikel

Mobil Terseret ke Jurang, Rombongan Kepala PAUD Ikut Jadi Korban Longsor Cianjur

CIANJUR, KOMPAS.com – Rombongan kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diduga turut menjadi korban longsor di ruas jalan raya Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Peristiwa memilukan itu terjadi saat kendaraan yang mereka tumpangi tertimbun material longsor hingga terseret ke dasar jurang sedalam 300 meter. 

Tebing setinggi 100 meter longsor saat terjadi gempa dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya, Senin (21/11/2022). 

“Salah satu kendaraan rombongan, kepala PAUD menjadi korban dalam kejadian ini. Mereka berada dalam satu mobil, ada delapan orang penumpang, termasuk sopir dan satu anak kecil,” kata Ukun, pelaksana Bidang PAUD Disdikpora Kabupaten Cianjur kepada Kompas.com di lokasi bencana, Jumat (25/11/2022). 

Ukun menyebutkan, sebelum kejadian, para korban usai menghadiri acara yang dihadiri para kepala PAUD dan TK se-Kabupaten Cianjur. 

“Terakhir komunikasi dengan mereka pukul 11.00 yang mengabarkan sudah sampai lokasi acara. Sejak itu hilang kontak, dan jam 14.00 kita dapat informasi kalau ada satu rombongan yang menjadi korban longsor ini,” beber Ukun. 

Ukun mendatangi lokasi longsor bersama salah seorang kerabat korban setelah mengetahui kendaraan yang mengangkut para kepala PAUD tersebut telah ditemukan. 

Zikri (27), salah satu keluarga korban mengatakan, dalam mobil tersebut diduga terdapat mertuanya bernama Zubaedah (54). kepala TK Perwari. 

Zikri mengaku mendapat kabar buruk tersebut dari rombongan lain yang selamat dalam kejadian itu. 

“Kendaraan yang ditumpangi mertua saya itu katanya berada di tengah rombongan. Jadi, ada kendaraan yang sudah lewat (lokasi longsor),” kata Zikri. 

Namun, ia sendiri belum bisa memastikan apakah jenazah yang berhasl dievakuasi tim SAR itu salahsatunya adalah mertuanya. 

“Tapi tadi sempat komunikasi dengan petugas soal kondisi salah satu jenazahnya, dan itu persis dengan ciri-ciri mertua saya,” ucap Zikri

Sebelumnya, sembilan jenazah berhasil dievakuasi dari lokasi bencana tanah longsor di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). 

Para korban merupakan penumpang kendaraan yang terseret material longsor saat melintas di ruas jalan raya Cugenang, Cianjur, Senin lalu. 

Kepala tim evakuasi Yohanus Listyawan menyebutkan, tim SAR gabungan masih melakukan upaya evakuasi mengingat masih ada tiga jenazah lagi di area bencana. 

Keberadaan para korban sendiri sudah ditandai dan dalam proses pengangkatan.

Sementara memasuki hari kelima pasca gempa M 5,6, jumlah korban meninggal berdasarkan rilis resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencapai 272 orang.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/25/220326878/mobil-terseret-ke-jurang-rombongan-kepala-paud-ikut-jadi-korban-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke