Salin Artikel

Hari Ini 14 Kali Gempa Susulan di Cianjur, BMKG: Tak Dirasakan, Peluruhan Energinya Cukup Signifikan

CIANJUR, KOMPAS.com - Memasuki hari ke-9 pascagempa Cianjur, Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, jumlah gempa susulan sebanyak 319 kali.

Koordinator Bidang Peringatan Dini Kebencanaan BMKG, Sigit Pramono menyebutkan, hasil monitoring kegempaan susulan pada Selasa (29/11/2022) dari pukul 00.00 sampai dengan 16.00 WIB, tercatat ada 14 kali.

Namun, 14 kali gempa susulan yang tercatat alat tersebut tidak dirasakan dengan magnitudo terbesar pada 2,2 dan terkecil di magnitudo 1,4.

"Dari sisi jumlah terus menurun dalam hariannya, dan energi cukup signifikan peluruhannya," kata Sigit dalam konferensi pers Update Penanganan Gempa Bumi Cianjur, di Pendopo Bupati Cianjur, Selasa (29/11/2022) petang.

Di kesempatan itu, pihaknya menyampaikan informasi perihal potensi hujan dalam tiga hari ke depan dengan intensitas ringan dan sedang dari siang menjelang sore.

"Prakiraan cuaca ini tentu perlu dipertimbangkan untuk kegiatan di lapangan (tim evakuasi korban) maupun  warga yang masih tinggal di luar rumah," beber Sigit.

Sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman mempersilakan warga terdampak gempa untuk kembali ke rumah masing-masing.

Imbauan tersebut disampaikan mengingat aktivitas gempa susulan semakin berkurang dari hari ke hari.

Namun Herman menegaskan, masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur, seperti retak-retak.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/29/212733578/hari-ini-14-kali-gempa-susulan-di-cianjur-bmkg-tak-dirasakan-peluruhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke