Salin Artikel

Perjuangan Don Lego, Pionir Kembalinya Kejayaan Musik Ska di Nusantara

BANDUNG, KOMPAS.com - Don Lego merupakan band asal Kota Bandung bergenre Jamaican Sound. Mereka sudah berkiprah selama 20 tahun di industri musik Tanah Air.

Namanya terkenal tatkala mereka menjadi pionir kembalinya kejayaan musik Ska di Nusantara khususunya di Kota Bandung.

Pada awalnya, Tradisional Reggae dan Ska menjadi aliran yang mereka usung.

Namun seiring perkembangan musik yang mereka arungi, Don Lego membawa Roots And Steady Beat, yang juga merupakan bagian dari ruang lingkup Jamaican Sound, konsisten hingga hari ini.

Sejarah Don Lego

Salah satu personel, Sir Iyay mengatakan, nama Don Lego diambil dari tokoh penjahat yang ada dalam film Benyamin S berjudul “Koboi Ngungsi”.

"Ini juga menginspirasi penamaan penggemar sebagai Antek-antek Don Lego Family," ujar Sir Iyay di hadapan Jaksa Pengadilan Musik DCDC, Budi Dalton dan Pidi Baiq di Bandung, Jumat (3/12/2022).

Dalam perjalanan mereka bermusik selama 20 tahun, keluar masuk personel ikut menghiasi. Sir Iyay yang merupakan gitaris pernah meninggalkan grup musik ini. Padahal saat itu, beberapa lagu sudah dibuat.

Bahkan mereka sempat kekosongan posisi vokal lebih dari 3 tahun akibat hengkangnya kumbang. Posisi itu kemudian digantikan Dwi Tanty atau akrab disapa Chun Li hadir sebagai warna baru yang mengisi kekosongan tersebut.

Di sisi lain, Sir Iyai pun kembali dengan mengambil posisi lamanya sebagai gitaris Don Lego.

Hal ini pun beriringan dengan lahirnya karya terbaru Don Lego bertajuk “Tenang Ada Aku” yang ditulis dan diaransemen oleh Viko Saxo serta menjadi jembatan menuju album ketiganya.

”Bercerita kegelisahan agar tidak takut menghadapi dunia ini, selalu ada orang yang selalu menenangkan dalam menghadapi dunia ini,” kata Viko yang mengaransemen Saxo serta menjadi jembatan menuju album ketiganya.

Single terbaru Don Lego yang bertajuk “Tenang Ada Aku” ini, menggaris bawahi tentang upaya pembelaan, perhatian, dan perlindungan, sebagai bentuk bahasa kasih sayang terhadap pasangan juga persahabatan yang merupakan sebuah interpretasi dan ekspresi kasih sayang secara universal.

Gubahan melodi lagu dan lirik yang ringan namun mendalam, menjadi ciri khas dari Don Lego yang hingga kini dipertahankan, dengan nuansa tempo andante, serta sentuhan rocksteady beat.

Lagu ini pun memperkenalkan warna baru yang semakin kaya dan berbeda dari karya-karya Don Lego sebelumnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/03/071612478/perjuangan-don-lego-pionir-kembalinya-kejayaan-musik-ska-di-nusantara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke