Salin Artikel

MUI Jabar: Jangan Anggap Bencana Gempa Cianjur sebagai Azab

Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, Rafani Achyar bahkan mengimbau masyarakat agar tidak menganggap bencana gempa Cianjur sebagai azab.

“Jangan sekali-kali menyebutkan mereka ini adalah kelompok masyarakat yang sedang di azab oleh Allah subhanahu wa ta'ala,” ucap Rafani diskusi Tanggap Bencana di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/12/2022).

Rafani menuturkan, tidak semua bencana bisa dimaknai sebagai azab.

Dalam ajaran Islam, kata dia, bencana bisa disikapi sebagai peringatan Allah yang ingin memperlihatkan kuasa-Nya.

Apalagi, kata dia, banyak korban gempa Cianjur merupakan orang shaleh. Karena itu, jangan beropini jika bencana alam ini adalah sebuah azab.

“Nanti kami akan memberikan bahan ini juga ya untuk counter opini, hikmah yang harus kita ambil, memang ini bencana datang dari Allah, tapi jangan menyimpulkannya sebagai azab,” ungkapnya.

Karena itu, Rafani mengatakan saat ini tengah menyiapkan surat edaran untuk organisasi Islam, para pemuka agama untuk meluruskan pehamanan keliru terkait musibah atau bencana.

“Surat edaran ini nanti ditujukan ke MUI kabupaten/kota supaya dijadikan tema-tema pengajian atau khutbah dengan mengangkat tema tentang pentingnya memberi pertolongan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah itu intinya,” jelasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/06/152401578/mui-jabar-jangan-anggap-bencana-gempa-cianjur-sebagai-azab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke