Salin Artikel

Jejak Agus Sujatno di Bom Panci Cicendo Tahun 2017, Pelaku Tewas Ditembak

Agus adalah pria kelahiran Bandung, 24 Agustus 1998. Polisi mengungkapkan jika Agus adalah pemain lama.

Ia pernah mendekam di Lapas Kelas II A Pasir Putih, Nusa Kambangan selama 4 tahun karena terlibat kasus bom panci Cicendo.

Bom panci Cicendo meledak di Taman Pandawa, Jalan Arjuna, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin (27/2/2017).

Kala itu sekitar pukul 08.15 WIB, pelaku yang belakangan diketahui sebagai Yayat Cahdiat alias Abu Salam meledakkan bom panci di Taman Pandawa.

Setelah itu pelaku yang masih dihidup dikejar oleh beberapa siswa SMA 6 Bandung yang sedang olahraga di taman tersebut.

Pelaku yang dikejar siswa SMA kemudian lari ke arah Kelurahan Arjuna. Ia kemudian mengancam para pegawai kelurahan. Pada pukul 10.00 WIB, pelaku membakar lantai dua Kantor Kelurahan Arjuna.

Petugas Damkar yang datang berusaja untuk memadamkan api. Pada Senin siang sekitar pukul 11.00 WIB, Brimob dan tim Gegana mengepung lalu masuk ke kantor Kelurahan Arjuna.

Pada pukul 11.30 WIB, pelaku berhasil dilumpuhkan dan dalam kondisi kritis, pelaku yang tertembak di bawah dada dilarikan ke RS Sartika Asih.

Sekitar pukul 12.30 WIB, polisi menyebut pelaku meninggal saat perjalanan di RS.

Kapolri yang saat itu dijabat oleh Jenderal Tito Karnavian mengatakan pelaku aksi bom pandi adalah pemain lama. Yayat pernah ditangkap oleh Tito Karnavian saat latihan teroris di Aceh pada tahun 2011 bersama 70 orang lainnya.

Yayat ternyata baru datang di Bandung bersama istrinya, Cucu sekitar seminggu sebelum kejadian.

Pada pertengahan Maret 2017, Densus 88 menangkap dua pelaku lainnya yang merupakan rekan Yayat. Salah satunya adalah Agus Sujatno.

Agus diketahui merakit bom panci yang meledak di Cicendo bersama Yayat. Ia pun ditahan selama 4 tahun di Nusa Kambangan dan keluar pada September 2021.

Lima tahun setelah kejadian bom panci Cicendo, Agus kembali merakit bom dan tewas saat melakukan bom bunuh diri Polsek Astanaanyar, Bandung pada Rabu (7/12/2022).

SUMBER: KOMPAS.com, Tribunnews.com

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/08/082800678/jejak-agus-sujatno-di-bom-panci-cicendo-tahun-2017-pelaku-tewas-ditembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke