Salin Artikel

Menikmati Sejuknya Alam Bandung di Bubu Resort, Berikut Harga dan Fasilitasnya

BANDUNG, KOMPAS.com - Liburan singkat dengan staycation jadi salah satu bentuk tren berwisata yang sedang digandrungi. Apalagi saat libur Natal dan Tahun Baru seperti sekarang. 

Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga adalah Bubu Jungle Resort. 

Penginapan ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patenggang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menawarkan berbagai fasilitas.

Mulai dari resort, restoran dengan menu-menu andalan dan harga yang terjangkau, hingga pemandangan alam. 

Pengelola Bubu Jungle Resort dan Resto, Ferdy Yunus Zahier mengatakan, resort ini dibangun tahun 2017 dengan mengusung konsep tradisional modern.

Nama Bubu diambil dari alat penangkap ikan tradisional masyarakat Sunda. Nama itu dipilih, lantaran lokasi Bubu Jungle Resort and Resto berada di antara hutan dan sungai.

"Karena posisi kita di belakang ada hutan, di depannya ada sungai. Nah, kita mengambil konsep melestarikan apa yang ada di lingkungan sekitar sini," ujar Ferdy saat ditemui Jumat (23/12/2022).

Selain mengusung konsep tradisional modern, ada nilai edukasi yang ingin disampaikan manajemen Bubu.

Misalnya penamaan Bubu, yang di kalangan anak muda sangat asing. Bahkan, cenderung salah menerjemahkan Bubu.

"Bubu itu perangkap ikan, tapi masyarakat banyak yang menganggap ini sangkar burung," ujarnya.

Awalnya, Bubu hanya sebuah resort. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, kerangka bisnis mulai dikembangkan dengan membangun Bubu Resto.

"Di Bisnis kita bikin restoran, tapi sebetulnya kita ini resort, kenapa dikembangkan, karena kita melihat adanya perkembangan sejak 2017," ungkapnya.

Ferdy mengungkapkan, komitmen untuk melestarikan lingkungan sekitar dan mengedukasi pengunjung bukan isapan jempol belaka.

Terbukti, nama-nama room (kamar) yang disiapkan Bubu Resort diambil dari nama gunung. Seperti Bubu Ciremai, Bubu Halimun, Bubu Kamojang, Bubu Geneyeh Pananjung, Bubu Karacak, Bubu Cimanggung, dan Bubu Jayagiri.

"Kita ada 13 resort dengan kapasitasnya minimal 2 orang, 4 orang, sampai dengan 8 orang untuk vila," kata dia.

Resort ini dibagi dalam beberapa tipe dan fasilitas. Tipe Family Room misalnya, berada di lantai 2 dengan fasilitas kamar tidur, ruang tamu besar, kolam air hangat, kamar mandi kapasitas 8 orang, dan tempat pemanggangan barbeque.

Untuk tarif sewa kamar keluarga Bubu Jungle Resort dibandrol Rp 8,5 juta ketika weekend atau Rp 7,2 juta weekday.

Kemudian tipe Bubu Lauk, memiliki dua lantai, ruang tamu, balkon, kolam air hangat, kamar mandi, area outdoo. Tipe ini berkapasitas 4 orang dengan harga Rp 4,5 juta saat weekend dan Rp 3,7 juta saat weekday.

Kemudian tipe Sayang Manuk. Tipe ini memiliki satu lantai, ruang tamu, kamar tidur, kolam air hangat kapasitas 4 orang dengan fasilitas menarik lainnya.

Tarifnya Rp 3,5 juta weekend dan Rp 2,8 juta weekday. Terkahir ada type Camping Pod. Fasilitasnya terdiri dari 1 lantai untuk 2 orang, 2 single bed yang dapat dilipat, Meja makan, Kamar mandi, Speaker bluetooth, Wi-fi, TV Kabel.

Jenis kamar ini sangat unik menawarkan sensasi menginap di alam terbuka namun dengan fasilitas sekelas Hotel Kapsul di Bandung yang bikin nyaman dan hanya dibandrol dengan harga Rp 1,5 juta saat weekday dan weekend.

Selain fasilitas yang mempuni, menginap di Bubu Jungle Resort and Resto memiliki keunikan sendiri dibandung penginapan di Bandung lainnya.

Di sini, pengunjung bakal menyaksikan suguhan panorama yang indah terutama pemandangan alam perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang serta hawa sejuk khas Bandung Selatan.

Keunikan lainnya ada pada desain bangunan. Ada yang bentuknya mirip sangkar burung raksasa.

Bangunan tersebut bukan terlihat aneh, justru malah terlihat elegan, berseni, dan modern serta Instagramable.

Akses Menuju Bubu

Rute Jalan ke Bubu Jungle Resort cukup mudah. Resort tersebut, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau umum.

Wisatawan tinggal memasuki Tol Soroja (Soreang Pasir Koja) kemudian melaju ke arah Ciwidey.

Kemudian setelah menemukan papan informasi Pesantren Al Ittifaq di sebelah kiri, maju sedikit dan langsung belok ke arah kanan ke Jalan Legok Kondang. Setelah itu akan menemukan Emte Highland. Namun masih tetap maju lurus.

Setelah menemukan sangkar ikan di sebelah kiri, bisa langsung belok ke arah kiri ke jalan Warung Palu. Tetapi bagi yang akan mengunjungi lokasi tersebut dipastikan kendaraannya baik. Pasalnya saat belokan tersebut kontur jalannya langsung menanjak tajam.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/24/134922478/menikmati-sejuknya-alam-bandung-di-bubu-resort-berikut-harga-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke