Salin Artikel

Menikmati Gurihnya Sate dan Sop Hj Eneng yang Legendaris di Karawang, Eksis Selama 40 Tahun

KARAWANG, KOMPAS.com-Di Karawang ada beberapa makanan legendaris. Mereka dikenal karena konsisten menyuguhkan penganan selama puluhan tahun. Salah satunya sate dan sop Hj Eneng.

Namanya Rumah Makan Hj. Eneng. Lokasinya di Jalan Raya Syech Quro, Karawang Wetan, Karawang, Jawa Barat atau bisa diakses melalui https://g.co/kgs/qSEn4P.

Waktu tempuhnya sekitar 5 menit dari Kantor Pemkab Karawang dengan menyusuri irigasi hingga arah menuju Lamaran.

Di tempat ini, pengunjung bisa mencicipi sop sapi atau sop kambing yang gurih segar, ditambah rasa rempah merica yang hangat. Harganya Rp 35.000 per porsi.

Ada juga sate maranggi sapi dan kambing yang empuk gurih seharga Rp 40.000 per porsi. Satu porsi isi 10 tusuk.

Tak ketinggalan sate ayam yang tak kalah makyus, dengan harga Rp 30.000 per porsi isi 10 tusuk.

Eneng Komariah, pemiliknya, menyebut dalam sehari lebih dari 50 porsi sop terjual. Belum lagi untuk sate kambing, sapi, dan ayam.

"Sebenarnya bumbunya biasa saja. Namun barangkali tangan yang mengolahnya lah yang membuat rasa masakan berbeda," kata Eneng di sela menyiapkan pesanan pembeli, Sabtu (24/12/2022).

Meski sudah memiliki delapan pegawai, Eneng tetap turut meladeni pembeli.

Sembari menyapa para pelanggannya, perempuan 62 tahun kerap turut menyiapkan pesanan. Para pembelinya pun cenderung berlangganan. Sebab, mereka sudah kerasan dengan rasanya.

Salah satu pembeli yang tetap berlangganan dari ia berdagang di Pasar Johar ialah Mantan Bupati Karawang Dadang S. Muhtar. Dadang kerap mampir ke rumah makannya sedari menjabat hingga kini.

"Pa Dadang sering mampir dari saya di Johar, akhir-akhir ini pesan bungkus," kata Eneng sambil membakar sate.

40 tahun

Rupanya sudah lebih dari 40 tahun Eneng berjualan. Mulai dari jualan kaki lima di Pasar Johar hingga mampu menyewa toko.

Dulu Eneng hanya berjualan berdua dengan suami. Sekarang pegawainya sudah delapan orang. Dan beberapa menemaninya sejak awal dia berdagang.

Eneng bercerita, ia belajar membuat dan menyajikan sate dan sop sejak kelas enam SD dari uwanya. Sejak kelas 3 SD ia memang kerap diajak berdagang saudaranya itu.

"Saya meneruskan dari uwa. Saya jualan setelah menikah," kata dia.

Buah dari kesabaran dan tangan yang cekatan, sate dan sopnya tetap legendaris hingga kini pindah di Jalan Raya Syech Quro, tepat di samping Koramil Karawang Kota.

Eneng pun bersyukur, dari berjualan sate dan sop, ia dapat menyekolahkan anak-anaknya.

"Alhamdulillah. Tiga anak saya jadi polisi, satu Ibu Bhayangkari," ujar Eneng sembari tersenyum sumringah.

Eneng berujar, konsisten dan kesabaran jadi kunci dalam berusaha. Nasihat itu ia sampaikan kepada mereka yang hendak berusaha apapun dari pengalamannya selama 40 tahun berdagang.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/26/105037278/menikmati-gurihnya-sate-dan-sop-hj-eneng-yang-legendaris-di-karawang-eksis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke