Salin Artikel

Titik Macet dan Longsor yang Perlu Diwaspadai dalam Perjalanan ke Pantai Pangandaran

Jumlahnya pun diprediksi tak akan terlalu membludak berbeda dengan musim mudik Lebaran.

Berbagai posko pengamanan pun sudah mulai aktif di beberapa titik jalur mudik Jawa Barat sejak 19 Desember 2022.

Salah satunya jalur rawan bencana longsor dan kemacetan dari arah Jakarta, Bandung-Pangandaran Via Tasikmalaya adalah mulai titik Limbangan-Malangbong-Tanjakan Gentong-Pamoyanan-Panyusuan-Pertigaan Sindangkasih-Tanjakan Tepungkanyut dan Leuweung Emplak Kalipucang, Pangandaran.

"Jadi masing-masing daerah (Jabar) sudah ada posko (Pengamanan Nataru) sudah berjalan semenjak tanggal 19 Desember. Posko Nataru lebih ke Pariwisata seperti lewat Tasikmalaya ke Pangandaran, Ciater (Subang) lebih ke wisata. Kemudian juga bilamana Covid naik, bisa mengurai. Apa perlu dilakukan kanalisasi lihat situasi di lapangan nanti. Kalau Gentong-Limbangan itu sudah langganan perlu diwaspadai pengendara," jelas Kepala BPTD IX Jabar Kemenhub, Denny Michels Adlan, di Tasikmalaya, Selasa (27/12/2022).

Denny sudah berkoordinasi lintas sektoral dengan Kepolisian dan tiap dinas perhubungan di seluruh daerah se-Jabar.

Adapun di wilayah jalur Jakarta-Bandung-Tasikmalaya tujuan Pangandaran beberapa titik-titiknya sudah menjadi langganan kemacetan jika terjadi lonjakan kendaraan.

"Kalau Gentong, Limbangan, Malangbong itu sudah langganan ya (macet). Jadi tentunya di jalur Tasikmalaya itu sangat mendapatkan perhatian khusus saat pelaksanaan liburan ini," tambahnya.

Seluruh dinas perhubungan di berbagai daerah di Jawa Barat pun telah diminta untuk fokus di beberapa titik rawan dengan rute tujuan objek wisata.

Perhatian rute jalan yang dipakai masyarakat untuk wisata saat tahun baru di Jawa Barat ada beberapa lokasi terutama Pangandaran, Ciater Subang, Lembang Bandung dan Puncak Bogor.


Bahkan, Kemenhub pun telah meminta seluruh lokasi jembatan timbang di Jawa Barat jadi rest area dan berhenti beroperasi selama Nataru 2022.

Seperti jembatan timbang di Pantura, Karawang dan Losarang Indramayu itu sudah tak diaktifkan sementara.

"Semua lokasi jembatan timbang akan dijadikan khusus rest area. Kalau pelarangan truk nanti masih dibahas waktunya," ujar Denny.

Denny pun mengimbau kepada semua masyarakat yang hendak mudik Nataru lewat jalur darat ke Jateng dan Jatim dari DKI Jakarta dan Jabar supaya tetap waspada dan hati-hati.

Pihaknya meminta pengendara tetap perhatikan tertib dan rambu lalu lintas.

"Saya mengimbau selamat berlibur bari warga. Diprediksi lonjakan pemudik ke Jabar saat Nataru akan lebih longgar tahun ini," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/27/134411778/titik-macet-dan-longsor-yang-perlu-diwaspadai-dalam-perjalanan-ke-pantai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke