Salin Artikel

3 Jalur Tengkorak di Bandung Barat Berpotensi Longsor, Bus Pariwisata Dilarang Melintas

Sedikitnya ada tiga titik jalan yang dilarang dilalui bus pariwisata dan kendaraan besar. Tiga titik itu berada di Jalan Kolonel Masturi, Jalan Sersan Bajuri, dan Jalan Padalarang-Cisarua.

"Ada beberapa ruas jalan yang tidak boleh dilalui kendaraan besar. Dari mulai pertigaan Beatrix menuju Parongpong dan di Jalan Padalarang menuju Cisarua. Termasuk juga di jalan Sersan Bajuri," ujar Sekretaris Dishub KBB Fauzan Azima, Selasa (27/12/2022).

Pelarangan itu melihat ekstremnya ruas jalur wisata seperti di Jalan Kolonel Masturi tepatnya di Jalan Lembang-Parongpong, di mana jalan tersebut memiliki kontur yang berkelok dan berada di antara tebing.

Kendaraan besar yang melintas ruas jalan tersebut berpotensi menyebabkan longsor. Karena itu Pemkab Bandung Barat tidak segan-segan menindak bus pariwisata yang bandel.

"Sanksi bagi yang melanggar masih berupa peringatan. Tetap kita kedepankan cara-cara humanis," kata Fauzan.

Fauzan meminta agar wisatawan yang menghabiskan libur akhir tahun di kawasan Lembang tetap waspada dengan memperhatikan kelengkapan surat-surat dan memeriksa keamanan kendaraan sebelum bepergian.

Selain itu, wisatawan juga diminta mewaspadai jalur-jalur wisata yang dinilai ekstrem untuk dilalui dan memerhatikan cuaca di kawasan wisata.

"Kita tetap memonitor sejumlah titik atau jalur wisata yang rawan bencana. Bahkan, kemarin sempat ada pohon tumbang namun langsung diselesaikan berkat kerja sama tim," sebutnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/27/175211778/3-jalur-tengkorak-di-bandung-barat-berpotensi-longsor-bus-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke